RSUD Penajam Layani Cuci Darah mulai Agustus

AH Ari B

 

Bupati Yusran Aspar saat meninjau RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara (AH Ari B - Hello Borneo)

Bupati Yusran Aspar saat meninjau RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar menargetkan Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD setempat mulai melayani cuci darah mulai Agustus 2016.

“Kami targetkan pengoperasian alat cuci darah di RSUD pada Agustus 2016, sehingga pasien yang butuh cuci darah dapat dilayani rumah sakit setempat,” kata Yusran Aspar saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Kamis.

Menurut dia, pengoperasian alat cuci darah tersebut tinggal menunggu izin dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri).

“Peralatan dan tenaga medis khusus untuk melayani pencucian darah di RSUD Kabupate Penajam Paser Utara telah tersedia,” jelas Yusran Aspar.

Untuk itu Bupati Yusran Aspar menginstruksikan kepada Direktur RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengawal proses perizinan di Pernefri.

“Saya sudah instruksikan kepada pimpinan RSUD untuk terus mengawal proses perizinan Pernefri, sehingga pada Agustus 2016, RSUD sudah bisa melayani cuci darah,” ujar Yusran Aspar.

Keberadaan ruangan hemodialisis untuk melayani cuci darah akan sangat membantu dan mempermudah pasien yang membutuhkan pencucian darah.

Selama ini, lanjut Yusran Aspar, pasien dari Kabupaten Penajam Paser Utara, jika akan melakukan cuci darah harus di rumah sakit yang berada di Kota Balikpapan.

Selain itu, Bupati Yusran Aspar juga meminta RSUD segera menyiapkan ruangan khusus untuk bank darah, agar stok darah selalu tersedia di RSUD setempat. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.