Ratusan Santri Al Falah Penajam Khatamkan Al Quran

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Khatam Al Quran massal sabtri TK TPA Al Falah Petung (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Khatam Al Quran massal sabtri TK TPA Al Falah Petung (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 654 santri, baik putra maupun putri TK/TPA Al Falah Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah mengkhatamkan kitab suci Al Quran.

Kepala TK/TPA Al Falah Petung HM Yani di Penajam, Selasa, mengatakan sejak 1989 hingga 2016 TK/TPA Al Falah Petung sudah berhasil menghatamkan dan mewisuda sebanyak 654 santri dan santriwati.

Pada Minggu (28/8) ada 47 santri, baik putra maupun putri yang sebalumnya telah mengikuti wisuda ikut pada khataman massal.

“Kegiatan khataman massal itu dapat memotivasi santri lainnya yang belum khatam, sehingga berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al Quran dengan cepat,” jelas HM Yani.

Direktur LPPTKA-BKPRMI Kabupaten Penajam Paser Utara H Solihin menambahkan khataman Al Quran mengandung makna, nilai syi’ar Islami, nilai penghargaan kepada santri dan mengandung unsur nilai motivasi untuk anak-anak yang belum khatam, supaya lebih giat lagi, supaya lebih cepat untuk bisa menyelesikan bacaan Al Quran.

Namun, untuk anak-anak yang sudah diwisuda dan khatam Al Quran, jangan beranggapan sudah selesai karena ada sekolah lanjutan ke Ta’limul Quran Li Aulad (TQA) sudah ada kurikulumnya, dan Al Falah bisa membuka TQA itu.

“Kurikulum TQA itu meteri-materinya, seperti terjemahan Al Quran dan lain sebagainya, berbeda dengan kurikulum TK/TPA,” jelas Solihin

Ada beberapa medode yang ditawarkan kepada santri antara lain, di Kecamatan Penajam dan Sepaku sudah menerapakan metode Tilawati, metode Tilawati sudah dikenalkan kepada santri, juga untuk lagu membaca Al Quran.

“Lagu baca Al Quran dengan metode Kitada. Kecamatan Babulu dan Waru menggunakan metode Tilawati dan akan segera diperkenalkan metode itu,” ujar Solihin. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.