BUMN Mengajar Kunjungi SMA Negeri 1 Penajam

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser

 

Penajam, helloborneo.com – Program BUMN Mengajar yang dilaksanakan PT Saka Energy Indonesia dan Perusahan Gas Nasional mengunjungi SMA Negeri 1 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Tepat bagi PT Saka Energy Indonesia melakukan kegiatan mengajar di Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya di SMA Negeri 1,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani di Penajam, Kamis.

Selain menjelaskan membangun kapasitas nasional, perwakilan BUMN itu juga mengenalkan profil perusahaan, profesi-profesi yang ada di perusahaan milik negara, pemberian motivasi, riwayat hidup, dan kisah sukses para pimpinan perusahaan.

Marjani berharap ada tindak lajut dari kegiatan BUMN mengajar tersebut, di mana nantinya siswa yang telah lulus dan tidak dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi dapat ditampung BUMN sebagai tenaga kerja.

“Setelah dijelaskan tentang BUMN yakni, PT Saka Energy Indonesia, Perusahaan Gas Negara (PGN) dan lainnya, para siswa akan siap menerima pendidikan keahlian dan berkompetisi untuk bekerja di BUMN,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kabupaten Penajam Paser Utara Jamaluddin menyatakan sangat setuju dangan kegiatan BUMN Mengajar, karena sekolah memerlukan tambahan pengetahuan yang tidak hanya diajarkan secara akedemik di sekolah.

“Pengetahuan lainnya harus masuk ke sekolah, jangankan PGN atau PT Saka Energy Indonesia, perusahan lainnya jika ingin masuk ke SMA Negeri 1 akan disambut dengan baik,” ucapnya.

Rata-rata siswa yang lulus dari SMA Negeri 1 Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Jamaluddin, yang meneruskan ke Perguruan Tinggi hanya sekitar 73 persen, sisanya yang tidak meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya harus memliki bekal pengetahuan lain untuk dapat diterima bekerja di perusahaan.

“Dengan adanya BUMN Mengajar, siswa dapat pengetahuan yang lebih luas, jadi bisa memilih dan memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan, atau BUMN bisa memberikan beasiswa kepada siswa yang tidak memiliki biaya,” tambahnya. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.