Tim Penilai Kaltim Nilai Desa di Penajam

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Sekretaris Kab PPU, Tohar berikan sambutan sebelum tim verifikasi dan penilaian lomba desa tingkat Kaltim melakukan penilaian terhadap Desa Sidorejo (Iskandar - Humas Setkab PPU)

Sekretaris Kab PPU, Tohar berikan sambutan sebelum tim verifikasi dan penilaian lomba desa tingkat Kaltim melakukan penilaian terhadap Desa Sidorejo (Iskandar – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Tim verifikasi dan penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, melakukan penilaian terhadap Desa Sidorejo, Kabupaten Penajam Paser Utara untuk menentukan desa/kelurahan terbaik dalam persiapan menghadapi lomba tingkat Regional III wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

“Kinerja pembangunan desa ada dalam kendali langsung pemerintahan desa, tetapi harus bersinergitas antar instansi yang multi kompleks,” kata Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar, tim verifikasi dan penilaian lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam, Selasa.

Ia meminta, jika memang ditemukan kekurangan dan kelemahan pada verifikasi dan identifikasi tersebut, seluruh perangkat desa harus mendukung pembenahan dan penyempurnaan yang direkomendasikan oleh tim penilai.

“Pembenahan dan penyempurnaan kelemahan dan kekurangan itu bukan hanya untuk kebutuhan lomba desa saja, tetapi untuk kemajuan dan perkembangan Desa Sidorejo,” kata Tohar.

Pemerintahan desa menurut dia, merupakan muara dari seluruh program dan kegiatan, baik pemerintah kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat.

“Kalau diidentifikasi sekian banyak program dan kegiatan pemerintah, mayoritas untuk membangun dan mengembangkan desa,” ujar Tohar.

“Kita harapkan bersama Desa Sidorejo bisa diunggulkan untuk mewakili lomba desa di tingkat regional atau nasional,” ucapnya.

Untuk itu lanjut Tohar, instansi, lembaga atau organisasi di tingkat kabupaten untuk membantu pemerintahan desa secara terstruktur sehingga kriteria atau indikator dari lomba desa dapat terpenuhi.

Lomba desa tambahnya, merupakan cerminan kinerja secara keseluruhan, tugas, fungsi, mekanisme dan sistem pemerintahan kabupaten, kecamatan dan desa yang harus saling bersinergi. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.