Petani Penajam Dapat Bantuan Bibit “Pajale”

AH Ari B

petani

Penajam, helloborneo.com – Petani Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendapatkan bantuan bibit padi, jagung dan kedelai atau “Pajale” dari pemerintah pusat untuk mendorong terwujudnya swasembeda nasional.

“Untuk mewujudkan pangan secara nasional, pada tahun ini (2016) petani diberi bantuan bibit ‘Pajale’ dari pemerintah pusat,” ujar Kepaka Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara Joko Dwi Fetrianto, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Bantuan bibit “Pajale” yang diberikan langsung kepada petani tersebut menurut dia, untuk 1.000 hektare tanaman jagung, 500 hektare tanaman kedelai dan 2.800 hektare tanaman padi.
Selain memberikan bantuan bibit “Pajale” kepada petani lanjut Joko Dwi Fetrianto, untuk memwujudkan program swasembada pangan tersebut pemerintah pusat juga memberikan bantuan pupuk.

Bantuan dari pemerintah pusat tersebut untuk membangun dan mendorong terciptanya kemandiran pangan serta menambah luas tanam di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Selama ini Penajam Paser Utara menjadi lumbung padi terbesar kedua di Kalimantan Timur, dan untuk menambah luasan tanam dan meningkatkan produksi pangan, pemerintah pusat memberikan bantuan bibit “Pajale” dan pupuk,” jelas Joko Dwi Fetrianto.

Ia berharap, dengan bantuan bibit dan pupuk, serta alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian pada tahun ini (2016) keterlibatan para kelompok tani untuk bekerja lebih keras dan giat untuk mendukung terwujudnya swasembada pangan di daerah dan nasional. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.