Retribusi Pelabuhan Sumbang PAD Penajam Rp2 Miliar

AH Ari B

 

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno (AH Ari B - Hello Borneo).

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno (AH Ari B – Hello Borneo).

Penajam, helloborneo.com – Retribusi Pelabuhan Benuo Taka sampai Oktober 2016 menyumbang PAD (pendapatan asli daerah) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga Rp2 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis, mengatakan, Pelabuhan Benuo Taka di wilayah Buluminung, Kecamatan Penajam yang baru aktif dioperasikan tiga bulan terakhir memiliki potensi besar meningkatkan PAD.

“Kontribusi yang diberikan pelabuhan milik pemerintah daerah itu, mulai Agustus sampai Oktober 2016 mencapai Rp2 miliar,” katanya.

“Jadi dalam satu bulan Pelabuhan Benuo Taka mampu menyumbang PAD sekitar Rp700 juta dari pengapalan batu bara maupun minyak mentah sawit atau CPO (crude palm oil),” jelas Tur Wahyu Sutrisno.

Kontribusi yang besar dari Pelabuhan Benuo Taka menurut dia, karena beberapa akses jalan menuju pelabuhan milik pemerintah daerah di Buluminung itu sudah mulai terbuka.

Tur Wahyu Sutrisno optimistis pendapatan dari sektor kepelabuhanan hingga akhir 2016 bisa mencapai Rp2,25 miliar, meningkat dari sebelumnya yang hanya diprediksi sekitar Rp1 miliar.

“Jika infrastruktur jalan semakin baik, serta jalan Riko menuju Pelabuhan Benuo Taka sudah terbuka, maka pendapatan dari sektor kepelabuhanan pada 2017 dapat lebih dioptimalkan,” tambahnya. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.