Sekkab Penajam Minta PNS Tingkatkan Kinerja

AH Ari B

 

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (AH Ari B - Hello Borneo)

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tohar meminta seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah setempat lebih meningkatkan kinerja dan tanggung jawab sebagai aparatur reformasi di daerah.

“Semua PNS (pegawai negeri sipil) diharapkan lebih fokus dan meningkatkan kinerja, serta tanggung jawab sesuai tupoksinya masing-masing,” tegas Tohar ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menurut dia, berharap PNS untuk meningkatkan kinerja serta tanggung jawab sebagai aparatur reformasi, serta dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah.

Tohar menilai kinerja PNS yang semakin menurun bisa memunculkan sejumlah persoalan baru, seperti layanan kepada masyarakat tidak prima atau tidak optimal.

Selain itu penurunan kinerja PNS lanjut ia, juga menyebabkan bertambahnya jumlah tenaga harian lepas atau THL di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berimbas pada keuangan daerah.

“Kinerja PNS menurun akan menambah THL yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas PNS, semakin bertambah THL akan semakin membebani keuangan daerah,” kata Tohar.

Ia menjelaskan, hampir semua tingkat pemerintahan memiliki persoalan terkait terus bertambahnya jumlah THL atau honorer tersebut.

“Membengkaknya jumlah THL itu diindikasikan karena ada kompetensi PNS yang tidak sesuai tupoksi yang diemban PNS bersangkutan,” ujar Tohar.

Sampai saat ini jumlah THL atau honorer yang tersebar di SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 3.700 orang, jumlah itu sudah berlebih.

Tohar menyatakan, dalam pembentukan perangkat kerja baru sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Dearah, perlu ada perhitungan beban kerja disesuakan kebutuhan, terutama yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setiap pegawai yang berstatus ASN atau PNS tambahnya, harus bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensi untuk mewujudkan pelayanan pemerintahan yang baik. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.