2017, Luas Lahan Jagung Penajam Bertambah 4.500 Hektar

AH Ari B

Kepala Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Fetrianto (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Fetrianto (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan akan menambah luas lahan jagung di tahun 2017, sebanyak 4.500 hektar. Penambahan ini untuk mendukung program swasembada pangan nasional .

“Di tahun 2016 ini kami diberi target penanaman jagung seluas seribu hektare. Dan tahun 2017 meningkat menjadi 4500 hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Febrianto kepada helloborneo.com, Senin (12/12).

Target penanaman lahan jagung tahun 2017 seluas 4500 hektare itu, lanjut Joko sebanyak 1.500 hektar berada di lahan perkebunan dan 3.000 hektar di lahan terbuka atau lahan tanaman pangan.

“Ini merupakan tantangan keras bagi kita, karena di tahun 2016 target luasan penanaman jagung dari pemerintah pusat hanya 1.000 hektar,” ujarnya.

Joko mengatakan ada dua jenis tanaman jagung yang akan ditanam tahun 2017 yaitu jagung jenis hibrida dan non hibrida.

Program perluasan lahan jagung tahun 2017 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah, karena bibit dan pupuk diberikan secara gratis oleh pemerintah pusat.

“Bibit dan Pupuk akan disediakan pemerintah pusat untuk luasan 4500 hektare. Penambahan area penanaman jagung ini untuk menggiatkan produksi jagung sebagai tanaman integrasi di daerah,” terang Joko.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, diakui Joko telah menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pendataan dan pengkajian penentuan lokasi rencana penanaman jagung tersebut. (adv/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.