Pemkab Penajam Paser Utara Ajukan Rp3 Miliar Untuk Sanitasi

AH Ari B

 

Mobil pengangkut tinja DKPP Kabupaten Penajam paser Utara. (AH Ari B - Hello Borneo)

Mobil pengangkut tinja DKPP Kabupaten Penajam paser Utara. (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan melanjutkan progam pembangunan sanitasi lingkungan dengan membangun wc komunal atau tempat penampungan tinja sementara di masyarakat sekaligus pipa jaringannya untuk memudahkan pengangkutan.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ menyampaikan usulan dana peningkatan sanitasi lingkungan akan disampaikan kepada direktorat jenderal cipta karya, agar pembuatan sanitasi lingkungan di pemukiman masyarakat dibuat sebaik mungkin.

“Nanti diusulkan untuk sanitasi lingkungan ke Direktorat Jenderal Cipta Karya, agar dibuat sebaik mungkin. Sanitasi lingkungan ini untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat secara umum,” kata Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim saat ditemui helloborneo.com di Penajam.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Supardi menyebutkan dana yang akan diusulkan ke pusat untuk pembangunan sanitasi lingkungan ini sebesar Rp3 miliar.

“Dari hitungan kasar, sekira Rp3 miliar. Itu untuk membangun wc komunal (tempat penampungan tinja sementara) di masyarakat sekaligus jaringan ke rumah warga serta pengadaan mobil truck pengangkut tinja,” jelasnya.

Pembangunan sambungan wc atau toilet masyarakat ke tempat penampungan sementara, menurut Supardi untuk memudahkan pengangkutan ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di area Tempat Pembuangan Akhir sampah Buluminung.

“Nanti akan dibangun di masing-masing kecamatan. Maksimal sepuluh rumah satu wc komunal. Jika letaknya berjauhan tiga rumah diberi satu tempat penampungan sementara. Ini untuk memudahkan pengangkutan ke IPLT penajam”.ujar Supardi. (adv/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.