Pemkab Berupaya Jadikan Penajam Kota Layak Anak

AH Ari B

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Drs H Tohar MM. (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.comPemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berupaya menjadikan daerah setempat sebagai Kota Layak Anak atau KLA.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tohar saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin, mengatakan untuk mewujudkan pengembangan kabupaten layak anak, diminta SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang berkaitan dengan pelayanan umum menyediakan fasilitas ruang bermain bagi anak.

“Kami meminta SKPD yang berkaitan dengan pelayanan umum menyediakan ruang bermain untuk memenuhi hak tumbuh kembang anak, karea sering dikunjungi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu Tohar berharap setiap dinas atau instansi yang bekaitan dengan pelayanan umum, selain menyediakan tempat bermain anak, juga menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui.

SKPD atau instansi yang berkaitan dengan pelayanan umum tersebut lanjut dia, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , Rumah Sakit Umum Daerah serta Badan Pelayanan Perijinan dan Penanaman Modal Terpadu.

“Kami minta SKPD jiga menyediakan tempat penyelenggaraan advokasi anak, ruang membaca atau perpustakaan yang khsusu bernuansa anak-anak,” kata Tohar.

“Diperlukan komitmen bersama seluruh unsur dan lapisan masyarakat, termasuk seluruh satuan kerja perangkat daerah, desa, kelurahan, kecamatan hingga pemerintah daerah agar KLA bisa terwujud,” jelasnya.

Untuk itu Sekkab Tohar meminta kecamatan, kelurahan dan desa juga menyediakan fasilitas sarana prasana untuk anak sesuai kapasitas yang dimiliki masing-masing daerah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berharap masyarakat dan pihak swasta dapat ikut serta membangun fasiltas dan sarana kota layak anak di wilayah Penajam Paser Utara, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).

“Hak tumbuh kembang bagi anak harus diberikan sejak dini atau mulai dari usia bayi hingga usia anak-anak,” tambahnya.

Sejak dicanangkannya KLA di Provinsi Kalimantan Timur pada 2010, Kabupaten Penajam Paser Utara ditunjuk sebagai salah satu dari 10 kabupaten/kota dalam pengembangan KLA tersebut. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.