Harga Daging Ayam di Penajam Naik Rp3.000/kilogram  

Ari. B

Ayam Potong.

Penajam, helloborneo.com – Harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mencapai Rp25.000 per kilogram atau mengalami kenaikan Rp3.000 dari harga sebelumnya.

Dari pantauan helloborneo.com di sejumlah pasar tradisional di Penajam, Minggu, sejak dua hari terakhir daging ayam potong dijual dengan harga Rp25.000 per kilogram, yang sebelumnya pedagang di sejumlah pasar tardisional di wilayah Penajam Paser utara menjual daging ayam broiler Rp22.000 per kilogram.

“Kenaikan harga ayam potong baru terjadi sejak Sabtu, karena mendekati Maulid Nabi Muhammad,” kata Fitri, pedagang daging ayam di Pasar Penajam, Kelurahan Nenang.

Biasanya, para pedagang menjual daging ayam potong berkisar Rp22.000 sampai Rp23.000 per kilogram, dan saat ini daging ayam broiler naik sekitar Rp2.000 hingga Rp3.000 per kilogram.

Kendati mengalami kenaikan harga cukup lumayan, namun permintaan daging ayam broiler di Kabupaten Penajam Paser Utara masih tetap tinggi.

“Masih banyak pembeli daging ayam potong, walaupun harganya naik. Saya sehari bisa menjual sampai 150 ekor ayam potong,” jelas Fitri.

Siti, penjual daging ayam potong di Pasar Petung, mengaku pembeli juga ikut meningkat kendati harga daging ayam potong mengalami kenaikan.

“Penjualan daging ayam potong meningkat selama dua hari ini dan pendapatan yang kami dapatkan juga lumayan tinggi,” ungkapnya.

Mahalnya harga ikan laut dan daging sapi saat ini, menurut sejumlah pedagang di pasar tradisional Penajam Paser Utara, berpengaruh terhadap tingginya permintaan daging ayam broiler di pasaran.

Untuk daging sapi di sejumlah pasar tradisional di wilayah Penajam Paser Utara saat ini dijual dengan harga Rp130.000 per kilogram.

Namun, untuk di Pasar Petung, daging sapi dijual dengan harga bervariasi antara Rp120.000 sampai Rp130.000 per kilogram tergantung kualitas daging.

Sementara harga komoditas kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara mengalami penurunan.

Bawang merah saat ini dijual dengan harga Rp22.000 hingga 23.000 per kilogram, sedangkan bawang putih dijual dengan harga Rp20.000 sampai Rp22.000 per kilogram. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *