Tiga Pasangan Cabup-Cawabup Konfirmasi Daftar Pilkada Penajam

Bagus Purwa

Ketua KPU PPU, Feri Mei Effendi.

Penajam, helloborneo.com – Tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati sudah memberikan konfirmasi akan mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 2018, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum setempat, Feri Mei Effendi.

“Hingga saat ini sudah ada tiga pasangan bakal calon yang konfirmasi akan daftar sebagai peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Penajam Paser Utara,” ungkap Feri Mei Effendi ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Minggu.

Tiga pasangan bakal calon yang telah melakukan konfirmasi tersebut yakni, pasangan Mustaqim MZ-Sofyan Nur akan melakukan pendaftaran pada hari pertama, Senin (8/1), serta Andi Harahap-Fadly Himawan akan mendaftar pada hari kedua, Selasa (9/1).

Selain itu lanjut Feri Mei Effendi, pasangan Abdul Gafur Mas’ud-Hamdam juga sudah melakukan konfirmasi akan mendaftar ke KPU pada hari terakhir Rabu (10/1).

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, menjadwalkan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta pilkada setempat mulai 8 hingga 10 Januari.

Untuk pendaftaran hari terakhir Rabu (10/1), KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menunggu pendaftar atau pasangan cabup-cawabup hingga pukul 00.00 Wita.

Dasar hukum tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) itu sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2017, serta PKPU Nomor 15 Tahun 2017.

Feri Mei Effendi menyatakan, KPU telah memberikan dokumen yang harus dipersiapkan partai politik untuk dilengkapi bakal pasangan calon atau tim sukses.

“Seluruh dokumen pendaftaran termasuk formulir yang telah diberikan itu harus dibawa saat pendaftaran pasangan bakal calon cabup-cawabup,” tegasnya.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menjadwalkan pengumuman syarat pasangan di laman KPU pada 10-16 Januari 2018, untuk memperoleh tanggapan dan masukan dari masyarakat.

Feri Mei menambahkan, KPU bekerja sama dengan Rumah Sakit AW Sjahranie Samarinda untuk pemeriksaan kesehatan calon cabup-cawabup yang akan dilaksanakan pada 12-13 Januari 2018, dan hasil pemeriksaan cabup-cawabup itu disampaikan pada 15-16 Januari 2018. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *