Penajam Siapkan Dua Opsi Penjemputan Wapres Jusuf Kalla

Ari B

Sekretaris Kabupaten PPU Tohar.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan dua opsi atau pilihan untuk penjemputan Wakil Pressiden Jusuf Kalla yang dijadwalkan akan melakukan peresmian lokasi pemancangan tiang pertama pembangunan jembatan tol penghubung Penajam-Balikpapan yang dipusatkan di sisi anjungan Pantai Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar, saat ditemui helloborneo,com di Penajam, Jumat, mengatakan, pemerintah kabupaten terus mematangkan kegiatan peresmian lokasi pemancangan tiang perdana pembangunan jembatan tol penghubung di atas Teluk Balikpapan tersebut.

Persiapan yang terus dimatangkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu, termasuk untuk menyambut kedatangan Wapres Jusuf Kalla yang baru pertama kali melakukan kunjungan ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pilihan pertama penyambutan Wapres Jusuf Kalla beserta rombongan menurut Tohar, melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan, kemudian dijemput jajaran Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus menuju wilayah Buluminung atau Pelabuhan Chevron Indonesie Company Penajam.

Selanjutnya rombongan Wapres Jusuf Kalla akan meluncur ke Pantai Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, sebagai lokasi pemancangan tiang pertama proyek pembangunan jembatan tol penghubung antara Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan.

Pilihan kedua yakni melalui jalur udara, namun lanjut Tohar, pilihan penjemputan tersebut akan ditentukan oleh tim pendahulu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang sering disebut “Advance Team”.

Untuk pengamanan kunjungan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia ke suatu daerah, Paspampres mengirimkan tim pendahulu yang terdiri dari anggota grup Detasemen Deteksi, Detasemen Kesehatan, Denkomlek dan bisa juga diperkuat dari anggota kesatuan pendukung atau pelaksana lainnya seperti Dronkavser dan Yonwalprotneg yang dipimpin oleh Perwira Menengah (Pamen) sebagai Komandan Tim atau Datim.

Kepastian Kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut tambah Tohar, tergantung komunikasi dan koordinasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan pemerintah pusat.

“Pemprov Kaltim yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait jadwal Wapres Jusuf Kalla meresmikan lokasi pemancangan tiang perdana proyek pembangunan jembatan tol penghubung Penajam-Balikpapan itu,” kata Tohar.

Pada kesempatan sebelumnya, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak memastikan Wapres Jusuf Kalla siap hadir untuk meresmikan lokasi pemancangan tiang pertama proyek pembangunan jembatan tol penghubung dari titik Nipah-Nipah Kabupaten Penajam Paser Utara, menuju Melawai Kota Balikpapan tersebut.

Kegiatan peresmian lokasi pemancangan tiang perdana proyek pembangunan jembatan tol penghubung sepanjang 7,75 kilometer yang dipusatkan di sisi anjungan Pantai Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam yang dijadwalkan pada 13 Mei 2018 itu, juga akan dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai, serta sepeda santai. (bp/hb/Adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.