Sisa Utang Pemkab PPU Tahun 2017, Masih Rp90 Miliar

Ari B

Kepala BK PPU Tur Wahyu Sutrisno.

Penajam, Hingga awal bulan agustus 2018, sisa kewajiban pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara kepada pihak ketiga atau rekanan sebesar Rp90 miliar .Utang tersebut merupakan sisa pembayaran di tahun 2017 yang belum terbayarkan sehingga masuk dalam beban anggaran tahun 2018 .

Total nilai utang pemerintah Kabupaten PPU dari tahun 2017 awalnya senilai Rp143 miliar, tapi pemerintah sudah membayar sebesar Rp53 miliar di bulan juni 2018 kemarin. Kepala Badan Keuangan Kabupaten PPU Tur Wahyu Sutrisno saat ditemui helloborneo.com di kantor Bupati PPU mengatakan, sisa kewajiban ini sebagai imbas penurunan pendapatan dari pemerintah pusat.

“Proyeksi dan pendapatan pemerintah di akhir tahun 2017 berbeda akibat ada pemotongan dana lebih salur.  Total penurunan pendapatan di tahun 2017 sekitar Rp300 miliar”.kata Tur Wahyu, kamis.

Sisa kewajiban sebesar Rp90 miliar kepada pihak ketiga akan dilunasi dengan cara dicicil. Tur Wahyu berharap transfer dana bagi hasil di bulan agustus dan september untuk bisa melunasi jumlah utang tersebut.

“Sisanya itu akan kita bayarkan secara bertahap kepada pihak ketiga menyesuaikan kemampuan kas daerah. Sepanjang ada di DPA itu yang akan kita bayarkan”tambah Tur Wahyu Sutrisno.

Sisa utang Pemerintah Kabupaten PPU ini belum termasuk tanggungan proyek multiyears dan cicilan PT SMI yang totalnya mencapai Rp368 Miliar .Kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten PPU sekarang ini merupakan dampak ekonomi global yang berhubungan dengan pendapatan negara dan pendapatan daerah yang berimbas fiskal pada kebijakan. (Ar/Hb/Adv)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.