Penajam Siapkan Rp21,5 Miliar Untuk Jaminan Kesehatan

Ari B

Kepala Dinas Kesehatan PPU, Arnold Wayong.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur menyiapkan anggaran Rp21,5 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD 2019 untuk membayar iuran jaminan kesehatan warganya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan selaku penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Anggaran untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan itu telah dialokasikan pada APBD 2019,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Arnold Wayong ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Ia mengatakan alokasi anggaran untuk pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu penerima bantuan iuran tahun 2019 meningkat lebih kurang Rp16 miliar dibandingkan tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Arnold Wayong, hanya mengalokasikan sekitar Rp5 miliar dalam APBD 2018 untuk pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan 28.000 warga kurang mampu.

“2019 dialokasikan anggaran PBI-BPJS Kesehatan dari APBD Rp21,5 miliar, sehingga dapat menambah kepesertaan BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu melalui APBD,” ujarnya.

Penambahan alokasi anggaran jaminan kesehatan pada 2019 akan memungkinkan perluasan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan bagi warga kurang mampu di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Anggaran itu juga untuk warga kurang mampu yang belum terdaftar sebagai peserta BJPS Kesehatan, serta warga kurang mampu peserta mandiri yang ingin pindah menjadi peserta PBI-BPJS Kesehatan,” tambah Arnold Wayong.

Ia mengatakan tim dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan mendata warga kurang mampu yang berhak mendapat bantuan iuran jaminan kesehatan pada 2019.

“Dengan bertambahnya dana pembayaran iuran BPJS Kesehatan itu, akan dilakukan verifikasi secara ketat agar penerima program bantuan kesehatan tepat sasaran,” ucapnya. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.