Jalan Poros Petung-Sepaku Penajam Masih Nonstatus

Bagus Puwa

Ruas Jalan Nasional di wilayah Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penajam, helloborneo.com – Jalan poros Petung-Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, karena jalan nasional tersebut masih nonstatus.

“Perbaikan jalan trans Kalimantan itu kewenangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur atau pemerintah pusat, karena jalan nasional itu masih nonstatus,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Puguh Sumitro ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Menurut dia, pada tahun ini (2018) sudah dilakukan perbaikan namun belum masuk ke wilayah Kelurahan Sepan karena perbaikan dilakukan secara bertahap, dengan menggunakan anggaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“2019 kemungkinan masih ada anggaran pemerintah provinsi untuk perbaikan jalan poros Petung-Sepaku yang mengalami kerusakan,” ujar Puguh Sumitro.

Namun demkian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Passer Utara akan menyampaikan surat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur agar segera melakukan perbaikan khusunya jalan nasional yang mengalami kerusakan.

Pernyataan Puguh Sumitro tersebut menanggapi aksi emak-emak atau ibu-ibu RT 01 Kelurahan Sepan yang melakukan penutupan jalan nasional pada Jumat (7/11) selama delapan jam sebagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah yang tidak kunjung memperbaiki jalan trans Kalimantan itu.

Warga Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam menutut agar pemerintah segera memperbaiki jalan poros Petung-Sepaku tersebut, jika tidak segera ditanggapi warga akan kembali melakukan penutupan jalan nasional di wilayah Kelurahan Sepan.

“Kami memahami aksi yang dilakukan warga merupakan bentuk protes atas kondisi jalan yang rusak dan tidak kunjung mendapat perhatian selama bertahun-tahun,” kata Puguh Sumitro.

“Perbaikan jalan trans Kalimantan itu merupakan kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, kami berterima kasih atas respon warga terkait jalan rusak,” tambahnya.

Dari Pantuan di lapangan, kondisi jalan poros Petung-Sepaku terutama di wilayah Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam sudah sangat parah, bahkan saat hujan susah untuk dilalui kendaraan bermotor.

Banyak titik jalan rusak di wilayah Kelurahan Sepan di Kecamatan Penajam sangat parah serta rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas, ketika hujan jalan tergenangi air dan tertutup lumpur, serta licin. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.