Penajam Mantapkan Pelepasan Dan Keberangkatan Calon Haji

Bagus Purwa     

Persiapan Pelepasan Calon Jamaah Haji 2019 Kabupaten PPU.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan pemantapan menyangkut pelepasan dan pemberangkatan 147 jamaah calon haji asal daerah itu pada musim haji 2019.

“Kami akan menggelar rapat pemantapan pelepasan dan keberangkatan calon haji, Selasa (9/7),” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Herlambang ketika ditemui helloborneo.com, Senin.

Pada rapat tersebut menurut dia, akan dimantapkan terkait pengamanan, transportasi serta akomodasi untuk pelepasan dan pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pemerintah kabupaten bertanggungjawab atas pengamanan, transportasi dan akomodasi saat pelepasan calon haji dari Kabupaten Penajam Paser Utara menuju ke asrama haji Embarkasi Balikpapan,” ujar Herlambang.

Pada musim haji sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan sekitar tiga bus besar untuk mengangkut jamaah  calon haji, serta satu truk besar untuk mengangkut barang-barang.

Untuk pengamanan pelepasan calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara menuju asrama haji Embarkasi Balikpapan dikawal kepolisian, Dinas Perhubungan, serta Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP.

Calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberangkatkan dari asrama haji Embarkasi Balikpapan ke Tanah Suci Mekkah dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter empat dan kloter 15.

“130 calon haji masuk kloter empat dan 17 calon haji lainnya masuk kloter 15,” jelas Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara, Usep Suciadi.

Kloter empat lanjut ia, dilepas dari Kabupaten Penajam Paser Utara menuju asrama haji Embarkasi Balikpapan pada 21 Juli, dan diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji di Mekkah dan Madinah pada 22 Juli 2019.

Sedangkan untuk kloter 15 tambah Usep Suciadi, dilepas pada 4 Agustus, kemudian diberangkatkan dari asrama haji Embarkasi Balikpapan ke Tanah Suci Mekkah pada 5 Agustus 2019.

Calon jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberangkatkan bersama jamaah calon haji dari Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Kota Balikpapan dan Bontang, serta calon haji Kalimantan Utara. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.