Dinkes Penajam Maksimalkan 11 Puskesmas Siaga Selama Lebaran

Ari B


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, dr. Arnold Wayong.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berupaya memaksimalkan 11 Puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) siaga selama libur Lebaran Idul Fitri 1441 hijriah/2020 Masehi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong saat dihubungi helloborneo.com, Kamis mengatakan, Puskesmas tetap siaga selama libur Hari Raya Idul Fitri, kendati petugas kesehatan melakukan jaga secara bergiliran.

“Kami tidak ingin pelayanan kepada masyarakat menurun di tengah pandemi Coronavirus Disesase atau COVID-19 saat ini,” ujarnya.

Minimal tiga petugas kesehatan lanjut Arnold Wayong, harus berjaga di Puskesmas, sedangkan dokter diminta siaga mengaktifkan telepon genggam selama 24 jam agar mudah dihubungi.

“Dokter harus siap ditelepon karena dokter cuma satu di Puskesmas, jadi telepon genggammnya harus aktif terus dan kalau diminta datang harus datang,” tegasnya.

“Siagakan petugas kesehatan di Puskesmas itu dilakukan tiap tahun selama libur Lebaran, apalagi saat ini masih dalam kondisi mewabahnya virus corona,” tambah Arnold Wayong.

Ia menyatakan Puskesmas adalah salah satu pusat layanan kesehatan yang tidak akan diliburkan pada saat hari Raya Idul Fitri dan libur Lebaran.

Artinya jelas Arnold Wayong, Puskesmas tetap buka dan beroperasi, kendati orang lain sedang merayakan Lebaran Idul Fitri.

“Puskesmas yang disiapkan untuk melayani masyarakat jika mengalami gangguan kesehatan selama Lebaran buka atau beroperasi 24 jam,” ucapnya.

Memaksimalkan 11 Puskesmas tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Puskesmas sewaktu-waktu bisa dikunjungi masyarakat ketika mengalami gangguan kesehatan.

Masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan ringan kata Arnold Wayong, langsung dilayani di Puskesmas, sedangkan yang menderita penyakit serius akan dirujuk ke rumah sakit milik pemerintah kabupaten. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.