Pemerintah Kabupaten Penajam Lelang Proyek Tahun Jamak Rp157,8 Miliar

Bagus Purwa

Foto Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten PPU, Edi Hasmoro.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, melelang tiga paket proyek yang dibiayai melalui skema anggaran tahun jamak atau multiyears dengan nilai lebih kurang Rp157,8 miliar.

Informasi yang diperoleh helloborneo.com di Penajam, Rabu menyebutkan, ketiga proyek peningkatan jalan yang dibiayai melalui skema tahun jamak tersebut sudah dilelang di LPSE Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pengumuman LPSE (lembaga pengadaan secara elektronik) Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini (2021) melelang proyek peningkatan jalan Masjid Ar-Rahman dengan nilai sekitar Rp49,9 miliar.

Kemudian proyek peningkatan jalan Sumber Sari Desa Sri Raharja dengan nilai sekitar Rp49,9 miliar, dan peningkatan jalan Sotek Desa Bukit Subur dengan nilai sekisar Rp58 miliar.

“Proyek multiyears itu tidak muncul tiba-tiba,” ujar Kepala Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro ketika dikonfirmasi.

“Saat ini proyek multiyears telah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2021,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sedang mengalami keterbatasan anggaran kata Edi Hasmoro, instansinya memanfaatkan dana sharing dari sumber lain untuk kelanjutan proyek multiyears.

Sumber pendanaan lainnya tersebut salah satunya dari Bankeu (bantuan keuangan) Provinsi Kalimantan Timur dan kalau tidak ada dana sharing jelasnya, proyek multiyears tidak akan dilelang.

Dalam menjalankan proyek yang dibiayai dengan skema tahun jamak itu Dinas PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara menggunakan sekecil mungkin anggaran APBD Kabupaten.

Bahkan Edi Hasmoro mengharapkan, kalau bisa semua anggaran proyek multiyears bersumber di luar APBD Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kami sedang mencari cara untuk kelanjutan proyek-proyek multiyears di tengah keterbatasan anggaran pemerintah kabupaten,” ucapnya. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.