Dinkes Penajam Jemput Bola Lakukan Vaksinasi Dari Rumah Ke Rumah

Bagus Purwa

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, Grace Makisurat Saat Diwawancara di Ruangannya. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, jemput bola lakukan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi warga lanjut usia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Jense Grace Makisurat saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan untuk meningkatkan persentase vaksinasi ke kelompok lansia dicanangkan vaksinasi dari rumah ke rumah.

“Petugas atau vaksinator akan melakukan vaksinasi dengan mendatangi langsung rumah lansia sebagai sasaran vaksinasi virus corona,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara menyebutkan pencapaian vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lanjut usia di daerah itu masih cukup rendah.

Pencapaian vaksinasi virus corona bagi lansia masih belum menjangkau target minimal 60 persen, jelas dia, sejak dimulainya pelaksanaan vaksinasi untuk lansia.

Ada beberapa faktor yang membuat cakupan vaksinasi lanjut usia tersebut belum berjalan sesuai harapan di “Benuo Taka”, sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Salah satu penyebab rendahnya capaian vaksinasi terhadap lansia tersebut, ungkapnya, salah penanggapan menyangkut vaksin hingga tidak ada yang mengantarkan ke tempat vaksinasi COVID-19.

“Vaksinasi kepada lansia masih sekitar 40 persen dari 10.314 sasaran. Sama seperti nasional, persentase lansia itu capaiannya rendah,” ucap Grace Makisurat.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bersama TNI dan Polri saat ini terus gencar melaksanakan vaksinasi massal COVID-19 untuk membentuk kekebalan komunal di daerah itu.

Pencapaian vaksinasi dosis pertama sekitar 64 persen dari total sasaran 135.017 jiwa, sedangkan vaksin dosis kedua mencapai sekira 47 persen.

Dari angka capaian vaksinasi COVID-19 tersebut hanya petugas pelayanan publik dan tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 100 persen. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.