Perumda Air Minum Batiwakkal Barau Minta Penyertaan Modal Perluas Bisnis

Nita Rahayu

(Ist)

Berau, helloborneo.com – Perusahaan Umum Daerah atau Perumda air minum Batiwakkal Kabupaten Berau meminta dukungan pemerintah kabupaten setempat berupa penyertaan modal untuk perluas bisnis.

Namun permintaan Perumda Air Minum Batiwakkal menurut Wakil Bupati Berau Gamalis saat ditemui helloborneo.com di Berau, Selasa, belum dapat disetujui langsung oleh pemerintah kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Berau, perlu melakukan evaluasi maupun kajian terlebih dahulu terhadap kinerja Perumda Air Minum Batiwakkal terlebih kepada keuntungan yang dihasilkan untuk Kabupaten Berau.

“Membicarakan perluasan bisnis Perumda, mereka meminta dukungan pemerintah kabupaten, tetapi tidak serta merta langsung di berikan, karena Perumda perusahaan ambigu, selain harus memperhitungkan untung rugi, juga harus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” jelasnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan itu juga menegaskan, jika setelah di lakukan kajian dan hasilnya keuntungan yang Perumda hasilkan selama ini berjalan baik dan rendah resiko kerugian, maka pemerintah kabupaten tentu akan memberikan dukungan.

“Kami lihat, kalau ternyata lebih banyak rugi dari pada untung, tentu itu jadi catatan tersendiri, tidak mungkin kami terus kasih dukungan kalau ternyata lebih banyak ruginya,” tambahnya.

Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Saipul Rahman menjelaskan, rencana perluasan bisnis yang dimaksud di antaranya, perluasan sambungan pipa hingga ke kampung-kampung.

Ia menarget dalam lima tahun kedepan, ada sekitar 25 ribu sambungan, yang akan dipasang ke seluruh kampung di Kabupaten Berau yang selama ini belum tersentuh aliran air Perumda.

“Target kami perluasan sambungan, ke seluruh daerah pedesaan tepatnya, 25 ribu dalam lima tahun targetnya, tapi kalau bisa dipercepat mungkin 2,5 tahun saja sudah bisa,” kata dia. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.