Realisasi Penerimaan UPTD PPRD Kabupaten Paser Lampaui Target

TB Sihombing

Kepala UPTD PPRD Kabupaten Paser, Bambang Edi Noor.

Paser, helloborneo.com – Realisasi penerimaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Kabupaten Paser sepanjang 2021 melampaui target.

Kepala UPTD PPRD Kabupaten Paser, Bambang Edi Noor saat ditemui helloborneo.com di Paser, Rabu menyatakan, realisasi dari 10 jenis penerimaan retribusi yang ditangani mencapai Rp106,269 miliar dari target Rp94, 244 miliar atau lebih 12,76 persen.

Jenis penerimaan yang signifikan melampaui target, yaitu penerimaan pajak dan retribusi air permukaan, sebesar Rp1,403 miliar dari target pendapatan Rp644 Juta atau mencapai 117,92 persen.

“Kalau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BNNKB sebesar Rp53,633 miliar, dari target Rp40 miliar dengan presentase 134,8 persen” ujarnya.

Meski begitu, secara per item ada juga jenis pendapatan retribusi yang tidak mencapai target. Selain itu ada pula jenis pendapatan yang tidak diberi target, namun terealisasi.

“Itu berdasarkan data yang dimiliki, di mana lima dari 10 jenis penerimaan retibusi tidak dipasang target,” ucapnya.

Namun dari realisasi penerimaan tersebut, masih terdapat sejumlah tunggakan BPKB sebesar Rp34,656 miliar, dari berbagai kendaraan bermotor termasuk sepeda motor maupun mobil sebanyak 1.048.576 unit.

Padahal menurut Bambang Edi Noor, berbagai upaya menghadapi kendala sepanjang 2021 yakni pandemi COVID-19, untuk memastikan tunggakan dapat terbayarkan telah disiapkan salah satunya mobil samsat keliling.

“Sementara ini mobil keliling masih fokus di area perkotaan. Belum menjangkau ke pelosok desa. Disebabkan jika ke pelosok jaringan telekomunikasi menjadi kendala selanjutnya,” kata dia. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.