Sarinah Satu-Satunya Kades Perempuan Yang Dilantik di Kabupaten Penajam

ES Yulianto

Kepala Desa Api-Api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sarinah menjadi perempuan satu-satunya dalam pelantikan 14 kepala desa, Kamis (27/1) (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Sarinah satu-satunya kepala desa (kades) perempuan yang dilantik dari 14 kepaa desa yang terpilih pada pemilihan kepala desa atau Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dari 14 kepala desa terpilih, satu di antaranya adalah Sarinah, perempuan tangguh yang berhasil memenangkan Pilkades bersaing dengan empat calon kepala desa lainnya dengan meraup 542 dari 1.707 suara yang diperebutkan, sehingga terpilih menjadi Kepala Desa Api-Api, Kecamatan Waru.

Sebanyak 14 kepala desa terpilih pada Pilkades Serentak 2021 dilantik Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa, Kamis (27/2).

Sarinah menyampaikan rasa syukur bisa terpilih menjadi Kepala Desa Api-Api, sehingga bisa mengabdi membantu desanya untuk menjadikan pembangunan lebih baik dari sebelumnya.

“Saya bersyukur terlibat bisa mengabdi di desa tempat tinggal. Sebagai putri dari Desa Api-Api ingin membangun desa saya jadi lebih baik lagi,” ujarnya ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Dalam membangun tentunya tidak akan lepas dari visi misi Kabupaten Penajam Paser Utara dengan slogan Maju, Modern dan Religiusitas, dan menjalankan visi misi harus selaras dengan visi misi kabupaten.

“Pasti akan menjalankan program kerja saya, selain sesuai visi misi ketika mencalonkan menjadi kepala desa juga harus mengikuti visi misi Kabupaten Penajam Paser Utara sesuai yang disampaikan oleh Plt Bupati pak Hamdam,” ucapnya.

Pelaksanaan tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa menyatakan peran perempuan juga bisa terjun ke dunia bernuansa politik dengan merebut hati masyarakat desa.

“Kita lihat itu bahwa sebenarnya peran perempuan dalam berpolitik, namun syukurlah ada keterwakilan perempuan dalam pelantikan kepala desa,” kata dia.

Menjadi perempuan sendiri di antara 14 kepala desa yang dilantik pada 27 Januari 2022 membuat peluang partisipasi peran perempuan untuk berkontribusi dalam membangun desa baik secara langsung maupun tidak langsung. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.