Wanita Tewas Dalam Kebakaran di Kabupaten Paser

TB Sihombing

Kebakaran di Kabupaten Paser, Kamis (3/2) menghanguskan satu unit rumah bermaterial kayu dan satu wanita tewas terbakar (TBS)

Paser, helloborneo.com – Seorang wanita tewas dalam kebakaran yang terjadi di RT 05 Jalan Rantau Panjang, Desa Senaken, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kamis sekitar pukul 13.07 Wita, dan menghanguskan satu unit rumah panggung bermaterial kayu.

Kebakaran rumah milik M. Yunus, pria 51 tahun tersebut, turut menelan korban jiwa yang menewaskan wanita berinisial R (30), salah seorang penghuni rumah yang merupakan anak dari si pemilik, dengan total kerugian ditaksir hingga Rp500 juta.

Berdasarkan keterangan Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kabupaten Paser, laporan diterima pihaknya dari seorang saksi yang melihat sumber api berasal dari belakang rumah, yang diduga tepat berada dari dapur rumah korban.

“Kami menerima berdasarkan laporan, yang melihat sumber api dari belakang rumah. Rumah 90 persen berbahan dasar kayu, sehingga api mudah membesar dan menghanguskan seluruh isi bangunan,” jelas Kepala DPK Kabupaten Paser, M Lukman Darma ketika ditemui helloborneo.com.

Dia menjelaskan korban yang meninggal merupakan anak si pemilik rumah, yang memang dalam kondisi sakit sejak kecil dan tidak dapat berjalan jauh. Pihak keluarga panik dan menyelamatkan diri hingga lupa salah seorang keluarga masih berada dalam rumah.

“Saat kejadian keluarga yang berada di rumah panik dan langsung menyelamatkan diri. Sehingga terlupa kalau ada salah satu keluarganya yang tidak bisa berjalan,” jelasnya.

Korban dapat dievakuasi oleh tim pemadam, setelah dilakukan pemadaman dalam kondisi tidak bernyawa di kamar mandi. Saat evakuasi, pihaknya menjelaskan kondisi tubuh korban terdampak panas hingga kulit terkelupas.

“Jasad kondisinya masih utuh, hanya terkelupas sedikit bagian tubuhnya,” ungkapnya.

Korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Panglima Sebaya untuk menjalani visum. Sementata Penyebab kebakaran belum diketahui dan masih peyelidikan, kebakaran terjadi sesaat pemilik rumah sedang beristirahat.

Api berhasil dipadamkan dalam kurun waktu 1,5 jam. Pemadaman dibantu personil BPBD, Polres, Kodim, Tagana, Balakar, dan sejumlah relawan. Tidak ada kendala saat proses pemadaman, namun akses menuju lokasi sempat menghambat akibat padatnya lalu lintas.

Setelah visum, korban langsung dikuburkan di lokasi tidak jauh dari rumah. Pemakaman korban dihadiri sejumlah warga setempat, Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf, yang menyampaikan belasungkawa atas peristiwa tersebut. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.