Terjaring Patroli, Pemuda Pengangguran Jepit Paketan Sabu di Bokong

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Beragam cara digunakan oleh para penyalahguna sabu sabu demi menyembunyikan bahkan menghilangkan barang bukti. Harapan pelaku tentunya agar petugas tak mendapat cukup bukti kasus sehingga dapat terhindar dari jeratan hukum.

Demikian pula yang dilakukan oleh pemuda pengangguran berinisial RB (24), saat dirinya terjaring patroli rutin yang digelar Unit Jatanras Polsek Balikpapan Barat, sekira dinihari akhir pekan lalu di kawasan Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu. Saat penyergapan, warga Jl. Sultan Hasanuddin itu nekat menyelipkan paketan sabu berjumlah 0,72 gram di bokongnya.

Kronologis penangkapan RB juga tak kalah jenaka dari cara dirinya menyamarkan kecurigaan petugas.

Menurut Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto, semula anggotanya melakukan patroli rutin guna mengantisipasi curat, curas dan curanmor (C3) serta peredaran narkoba pada Minggu (13/2) Dinihari. Saat patroli masuk ke Jl. Merpati, Kelurahan Baru Ulu, anggota mendapati segerombolan pemuda yang sedang berkumpul dengan menunjukan gerak-gerik mencurigakan.

“Saat anggota mendekat, gerombolan tersebut malah berlarian. Sehingga, anggota mengejar salah satu dari mereka yaitu tersangka RB,” terang Totok, Selasa (15/2).

RB berlari ke arah gang-gang sempit hingga masuk ke dalam sebuah rumah. Sementara petugas yang membuntuti turut masuk ke dalam rumah tersebut dan mendapati dirinya seolah sedang tertidur pulas.

Tak kehabisan akal, Polisi kemudian membangunkan RB dan melakukan interogasi awal. Seketika pula, RB mengaku menyembunyikan satu paket sabu dan petugas melakukan penggeledahan.

“Dia pura-pura tertidur. Padahal anggota sudah mengikutinya. Kemudian kita geledah dan ditemukan sabu sabu,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, RB digiring ke Mako Polsek Balikpapan Barat. Atas kasus ini, dirinya dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsidair Pasal 112 ayat (1) subsidair Pasal 127 Undang Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang ancaman hukumannya pidana kurungan penjara minimal 4 tahun. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.