Paser Diguncang Gempa Tektonik, BMKG Sebut Dampak Aktivitas Sesar Lokal

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Gempa mengguncang wilayah Kabupaten Paser pada Selasa (1/3) sekitar pukul 15.16 waktu setempat.

Mengutip keterangan resmi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan, gempa tektonik berdaya getar 4,5 Magnitudo terjadi di episentrum 46 Km Barat Laut Paser dengan kedalaman 10 Km.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” terang Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti, Selasa (1/3) Sore.

Laporan yang diterima BMKG, getaran gempa paling dirasakan hampir merata di wilayah Grogot dengan intensitas antara II-III MMI. Namun demikian, hingga pukul 16.25 Wita, BMKG belum mendapat informasi mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa seperti ada truk melintas,” imbuhnya.

Selain itu, hasil monitoring BMKG hingga beberapa jam pasca kejadian, belum mendeteksi adanya potensi gempa susulan. Dengan begitu, masyarakat diminta agar tetap tenang.

“Masyarakat juga diminta tidak terpengaruh informasi dan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal resmi,” imbaunya.

Menurut informasi yang dihimpun, getaran gempa terasa di empat kecamatan di Kabupaten Paser antara lain, Kecamatan Batu Sopang, Paser Belengkong, Muara Komam dan Tanah Grogot. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.