PPKM Turun ke Level 1, Warga diingatkan Jangan Lengah

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.
Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud. (Foto: dok. helloborneo.com)

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Setelah sempat tertahan di level tiga sejak periode Februari hingga pertengan Maret 2022, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Balikpapan saat ini kembali ke level satu.

“Kami mendapat informasi dari Kemendagri bahwa Balikpapan sudah berada di dalam level 1,” ucap Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Seiring dengan itu, Pemerintah Kota Balikpapan langsung menerbitkan Surat Edaran Nomor 300/221/PEM mengenai penerapan PPKM level 1 yang berlaku mulai Selasa (13/4). Dengan begitu maka beberapa kegiatan dan aktivitas di tempat-tempat publik kembali dilonggarkan.

Rahmad turut menjelaskan, bahwa penurunan level PPKM kali ini tak lepas dari faktor melandainya jumlah kasus aktif. Selain itu, tingginya capaian vaksinasi juga menjadi acuan sehingga kondisi ini diakui berdampak positif bagi masyarakat untuk tetap khusuk melaksanakan ibadah Ramadan.

Dia berharap, situasi ini bisa tetap bertahan hingga Idul Fitri mendatang, bahkan terus membaik setelahnya. Untuk itu, Rahmad tak luput mengingatkan masyarakat agar tidak lengah serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Walaupun di level satu, kegiatan tetap taat prokes jangan sampai lengah. Upaya pengendalian juga akan terus dilakukan Pemerintah, dan mudah-mudahan covid benar-benar hilang dari kota Balikpapan,” serunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, Indikator penetuan level PPKM masih tetap pada poin mengenai angka kenaikan kasus, ketersediaan ruang rawat atau BOR Rumah Sakit, kasus kematian, serta Ratio Tracing (RT).

“Dibalik dari jumlah testing, ada treatment perawatan atau isolasi, vaksinasi, mobilitas orang, serta penggunaan masker,” tutupnya. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.