ABK Terkurung Dalam Tug Boat Nahas, Polisi Ungkap Kronologis Laka Laut di Perairan Semoi

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutedjo bersama Dirpolair Polda Kaltim Kombes Donny Adityawarman membeber penanganan kasus laka laut tug boat meledak di perairan Semoi, Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara. Foto: Ist

Roy MS

Sepaku, helloborneo.com – Penanganan kasus kecelakaan laut (laka laut) yang melibtkan sebuah tug boat di perairan Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara masih fokus pada tahap evakuasi dan pemulihan para korban.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutedjo memastikan, proses pencarian korban yang diduga tenggelam bersama kapal nahas kembali berlanjut pada Minggu (24/7). Satu lagi korban yang masih dicari oleh tim SAR gabungan yakni, anak buah kapal (ABK) berinisial E.

Mengenai kronologis, Ia menerangkan tug boat nahas sebelumnya menggeret tongkang kosong dari pelabuhan di Kamal, Madura, Jawa Timur menuju pelabuhan Semoi di Kelurahan Mentawir. Di lokasi tujuan, tiba-tiba terjadi ledakan dari arah lambung kapal hingga kemudian terbakar.

“10 menit kemudian kapal tenggelam. Kapal mengangkut 12 penumpang, 7 selamat, 4 orang lagi saat ini menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Pertamina,” kata Yusuf saat konferensi pers di markas Polda Kaltim.

Operasi pencarian dan pertolongan melibatkan Kantor SAR Balikpapan, Polairud Polda Kaltim, TNI AL dan unsur  SAR lainnya. Pencarian difokuskan di area sekitar titik tenggelam. Operasi tersebut kata Dia, masih berlangsung hingga pukul 11.30 Wita.

Sementara, Dirpolairud Polda Kaltim Kombes Donny Adityawarman mengungkap, saat kapal mengalami ledakan, korban diduga sedang berada di dalam kamar sehingga ikut tenggelam bersama kapal.

“Ini sedang kita lakukan evakuasi untuk yang bersangkutan (korban). Dan evakuasi masih menunggu kapten kapal untuk menunjukan spesifikasi jelas mengenai situasi tug boat,” imbuhnya.

Diketahui, tug boat mengalami insiden pada Sabtu (23/7) pukul 16.30 Wita. Saat itu, mendadak muncul asap tebal dari arah tug boat yang selanjutnya kapal perlahan tenggelam.

Peristiwa tersebut terekam dalam video amatir yang kemudian beredar melalui sosial media.

Menurut keterangan yang dihimpun Kepolisian, tug boat sedang mengantre untuk memuat batu bara. Namun belum sempat melakukan loading, insiden kemudian terjadi. (yor)

BACA JUGA:




2 thoughts on “ABK Terkurung Dalam Tug Boat Nahas, Polisi Ungkap Kronologis Laka Laut di Perairan Semoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.