Kominfo PPU Siapkan OPD Terapkan Persuratan Berbasis Elektronik

Bagus Purwa

Kepala Diskominfo Kabupaten PPU, Khaerudin. (ESY)
Kepala Diskominfo Kabupaten PPU, Khaerudin. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara, menyiapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat menerapkan persuratan berbasis elektronik.

“Kami berikan bimbingan teknis kepada OPD persuratan berbasis elektronik (E-Office),” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara Khairuddin di Penajam.

Perkembangan zaman semakin modern dan teknologi semakin canggih, lanjut dia, sehingga tugas kedinasan harus memanfaatkan teknologi untuk kemudahan pelayanan dengan aplikasi tata kelola naskah dinas elektronik.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mempermudah pelayanan administrasi masyarakat di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Sistem persuratan yang dikeluarkan oleh instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bakal menggunakan sistem berbasis elektronik.

Seluruh OPD di lingkungan pemerintah kabupaten, menurut dia, diberikan bekal untuk meningkatkan pengetahuan pengelolaan dokumen persuratan secara elektronik.

“SPBE diterapkan agar tata kelola naskah dinas lebih efektif den efesien,” tambahnya.

Pembekalan bimbingan teknis persuratan berbasis elektronik diberikan narasumber dari perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Balai Sertifikasi Elektronik (BSE).

Bimbingan teknis diberikan kepada OPD itu, jelas Khairuddin, persiapan penerapan SPBE di lingkungan pemerintah kabupaten yang mulai diterapkan pada awal tahun ini (2024).

Bimbingan teknis persuratan berbasis elektronik diberikan kepada pejabat tinggi pratama (eselon II), pejabat administrator (eselon III) dan staf administrasi, serta seluruh camat, lurah dan kepala desa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) juga dibekali pengetahuan dan pemahaman menyangkut persuratan berbasis elektronik itu. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.