Ketentuan Penggunaan Toilet di Dalam Bus Damri

Jakarta, helloborneo.com – Fasilitas toilet merupakan salah satu fasilitas terpenting yang terdapat pada masing-masing jenis transportasi termasuk bus. Tak jarang selama bepergian, pelanggan perlu menggunakan fasilitas toilet tersebut.

DAMRI sebagai penyedia jasa layanan transportasi darat mengakomodir kebutuhan pelanggan dengan menyediakan toilet pada armadanya khususnya pada rute Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP).

“Bus AKAP DAMRI dilengkapi dengan toilet yang terletak di bagian belakang bus,” ujar Sekretaris Perusahaan DAMRI, Chrystian R. M. Pohan.

Namun, berbeda dengan toilet pada umumnya, terdapat beberapa ketentuan untuk menggunakan toilet pada bus DAMRI.

“Mayoritas toilet yang terdapat pada bus hanya dapat digunakan untuk buang air kecil (BAK) dan hanya dapat digunakan pada saat bus berjalan. Hal tersebut juga berlaku pada toilet yang terdapat di bus DAMRI,” ujar Pohan.

Ia menambahkan bahwa pihaknya telah memasang papan informasi di dalam toilet yang menerangkan bahwa penggunaan toilet hanya untuk BAK.

Lantas, bagaimana apabila penumpang ingin melakukan buang air besar (BAB) selama perjalanan? Pohan menerangkan bahwa untuk saat ini, penumpang dapat melakukan BAB di rest area ketika bus berhenti untuk servis makan maupun melakukan pengisian bahan bakar.

Ketentuan khusus berlaku untuk layanan Imperial Suites. Ia menerangkan, karena Imperial Suites memiliki konsep penyajian servis makan di dalam bus dan tidak berhenti di rest area, penumpang dapat meminta kepada crew on bus untuk berhenti sejenak di rest area terdekat.

“Namun, dengan ketentuan bahwa kondisi sudah tidak memungkinkan bagi penumpang untuk menahannya sampai rest area tempat bus Imperial Suites melakukan pengisian bahan bakar,” ucap Pohan.

Selain itu, DAMRI juga memastikan bahwa toilet di dalam bus layak untuk dipakai selama perjalanan.

“Kami rutin melakukan pembersihan armada secara menyeluruh termasuk toilet dengan membersihkan lantai dan bagian-bagian toilet. Kami juga mengajak penumpang untuk turut serta menjaga kebersihan dengan membuang sampah ke dalam kloset dan membuangnya ke tempat yang telah disediakan,” tutup Pohan. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.