Pemkab PPU Dorong SMK Rakit Alat Pertanian

L Gustian

Penandatanganan MoU Kurikulum dan Peresmian Ruang Praktek Teknik Sepeda Motor di SMK Pelita Gamma. (Foto : Humas Pemkab PPU)

Penandatanganan MoU Kurikulum dan Peresmian Ruang Praktek Teknik Sepeda Motor di SMK Pelita Gamma. (Foto : Humas Pemkab PPU)

Penajam, helloborneo.com “– Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) akan mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempunyai jurusan tekhnik mesin untuk mengembangkan perakitan alat pertanian berupa hand tractor.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten, Tohar saat menghadiri penandatanganan MoU Kurikulum dan Peresmian Ruang Praktek Teknik Sepeda Motor di SMK Pelita Gamma.

Nantinya pihak pemerintah akan mendorong dan menumbuhkan kemampuan peserta didik, juga memenuhi kebutuhan petani akan alat pengolahan lahan pertanian.

“Mimpi saya tahun ini, akan ada rakitan hand tractor oleh siswa SMK. Kemudian akan dimanfaatkan oleh petani,” ucapnya. Ia menerangkan, hand tractor rakitan itu akan diujicoba beberapa bulan untuk membandingkan kualitas hand tractor yang di pasarkan di toko-toko.

“Kita akan tahu apakah rakitan anak-anak SMK lebih berkualitas daripada yang dibeli di toko. Kalau memang bisa bersaing secara kualitas, baru kita salurkan ke petani,” ujar Tohar,lanjutnya, bahwa kepala sekolah harus memiliki gagasan, kemauan dan keberanian. “Kalau SMK harus memikirkan dan melakukan tindakan.

“Kepala SMK itu harus lincah dan gesit menggandeng perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Seperti yang dilakukan SMK Pelita Gamma yang berhasil membuka kelas baru teknik sepeda motor,” imbuhnya. “Kita harus sama-sama terobsesi dengan sesuatu yang seakan tidak mungkin tercapai. Tapi kita berusaha untuk mencapai.

Pemikiran seperti itu harus dimiliki oleh kepala-kepala sekolah SMK,” tutur Tohar. Sementara itu, pihak perwakilan SMK Pelita Gamma mengatakan, dengan adanya kerja sama dengan salah satu perusahaan sepeda motor dapat meningkatkan kualitas peserta didik untuk menuju dunia kerja nantinya.

“Dalam kerja sama itu pihak perusahaan menyediakan tim pengajar dan supervisi. Segala sarana dan prasarananya telah kita siapkan termasuk ruang praktek,” terangnya.(log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.