Penajam Usulkan Rp584 Miliar Untuk Infrastruktur

Bagus Purwa

Beginilah Potret Jalanan di Kecamatan Sepaku
Beginilah Potret Jalanan di Kecamatan Sepaku (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara mengusulkan anggaran sekisar Rp584 miliar untuk melaksanakan tujuh program pembangunan infrastruktur yang menjadi skala prioritas di tahun 2015 ini.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ menjelaskan, Pemkab Penajam Paser Utara, memiliki tujuh program pembangunan infrastruktur yang menjadi skala priritas, dan sudah diusulkan pada musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk tahap pertama di tahun 2015 ini, lanjutnya, Pemkab Penajam Paser Utara, mengusulkan anggaran sekisar Rp584 miliar untuk pelaksanaan tujuh program prioritas pembangunan infrastruktur. Dan diharapkan usulan tersebut, disetujui dan dibiayai APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim atau pemerintah pusat melalui APBN.

Menurut Mustaqim, tujuh usulan skala prioritas pembangunan infrastruktur yang diusulkan pada Musrenbang Provinsi Kaltim tersebut, salah satunya perbaikan jalan Trans Kalimantan atau jalur Kaltim – Kalimantan Selatan (Kalsel) yang melalui kilometer 38 Sepaku – Petung sepanjang 107 kilometer.

“Kami usulkan perbaikan jalan Trans Kaltim – Kalsel, dan didukung dengen nota kesepahaman (MuO) dengan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga serta Gubernur Kaltim, tapi usulan ini masih perlu dikawal,” jelasnya.

Kemudian Pemkab Penajam Paser Utara, kata Mustaqim, juga mengusulkan pembangunan jalan pendekat Pulau Balang arah Penajam, peningkatan ketahanan pangan nasional, pembangunan jembatan penghubung Penajam Paser Utara – Balikpapan serta pembangunan sisi darat pelabuhan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain mengusulkan lima program pembangunan tersebut, tambahnya, Pemkab Penajam Paser Utara, juga mengusulkan pembangunan jalan jalur dua di ibukota Kecamatan Waru dan Kecamatan Sepaku, dan pembangunan jalan ‘coastal road’ dari jembatan Sesumpu – Pantai Corong sepanjang 14 kilometer.

“Saya optimis tujuh program prioritas yang diusulkan dapat terealisasi, karena sudah sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN),” ujarnya.(log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.