Penajam Wakili Kaltim Diajang Sinopik

Bagus Purwa

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM (Bagus Purwa – Hello Borneo

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM (Bagus Purwa – Hello Borneo

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai peserta kompetisi inovasi pelayanan publik atau Sinopik 2015, yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar mengatakan, Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi satu-satunya peserta yang mewakili Kaltim dari 1.158 kabupaten/kota se Indonesia yang mengikuti Sinopik.

“Peserta Sinopik sebanyak 1.158 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia, dan kami presentasikan pembentukan Unit Pelayanan Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) Kecamatan salah satu terobosan pelayanan publik di Kantor Kemenpan RB di Jakarta, Selasa (7/4),” ungkapnya.

Setelah memberikan penjabaran latar belakang terkait pembentukan UPT PU Kecamatan di depan tim panelis, lanjut Tohar, Kabupaten Penajam Paser Utara, terpilih diantara 99 kabupaten/kota lainnya untuk mengikuti penilaian tahap selanjutnya dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tersebut.

“Tim panelis menilai, bahwa inovasi UPT PU Kecamatan ini terobosan yang bagus, diharapkan UPT PU dikembangkan lebih baik lagi. Karena Penajam Paser Utara satu-satunya kabupeten/kota di Indonesia yang melaksnakan program itu, dan bisa dijadikan contoh untuk diterapkan didaerah lain,” jelasnya.

Menurut Tohar, kompetisi inovasi pelayanan publik (Sinopik) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kemenpan RB tersebut, memilih terobosan atau inovasi terkait pelayanan publik yang dimiliki suatu daerah maupun lembaga negara, sehingga bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di daerah lain.

“Kami daftarkan program layanan publik UPT PU Kecamatan karena kami anggap berhasil. Dan diharapkan program UPT PU Kecamatan bisa masuk nominasi sehingga dapat pengakuan secara nasional sebagai salah satu terobosan reformasi birokrasi yang mendekatkan layanan kepada masyarakat,” katanya.(log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.