Penbic, Komunitas Sepeda Offroads dari Penajam

Gusti

Penbic, Komunitas Sepeda Kabupaten Penajam Paser Utara Kerap Menjajal Medan Offroad (Reza - Hello Borneo)

Penbic, Komunitas Sepeda Kabupaten Penajam Paser Utara Kerap Menjajal Medan Offroads (Reza – Hello Borneo)

Penajam , helloborneo.com – Penajam Bike Club (Penbic) merupakan komunitas pencinta sepeda gunung yang berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Kendati komunitasnya cukup baru, namun penggiatnya merupakan orang berpengalaman menggeluti olahraga sepeda gunung.

Pada mulanya komunitas ini muncul dengan nama Madani Bike Club (MDC) yang terbentuk 28 Februari 2009 namun seiring waktu berubah nama menjadi Penbic yang menjadikan offroads sebagai aktifitas rutin pencinta sepeda gunung.

“Awal terbentuknya Klub Penbic sebagai wadah komunitas pencinta sepeda gunung akibat kejenuhan rutinitas pekerjaan yang dijalani anggotanya,” ujar Reza Penbic, juru bicara kepada helloborneo.com

Klub Penbic saat pertama kali hanya beranggotakan 7 orang yaitu Hadi, Fitriadi, Saini, Mahyuddin, Mustakim, Dony dan Dody yang bisa dikatakan sebagai penggerak pertama kali berdirinya Penbic.

“Saat ini masuk tahun ke 6, alhamdulillah anggota Penbic sudah mencapai 60 orang lebih, dan kami sudah mengikuti event baik lokal maupun nasional,” kata Reza.

Event yang pernah diikuti diantarnya Jambore Nasional La Greunder tahun 2010 di Balikpapan, namun setelah itu vakum selama setahun namun pada tahun 2015 ini kembali bangkit.

“Kegiatan jambore, dan race sepeda di Tenggarong, Balikpapan, Sangata, Bontang hingga jambore sepeda di Tanjung Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan juga kami ikut serta, bahkan terkadang kami rutin gowes bareng dengan goweser dari Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan, melahap medan offorads,” terang Reza.

Selain Penbic di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menurut Reza ada beberapa klub seperti BLUBIS (Babulu bike society), POBIC (Police Bike Comunity), PMBC (Petung) yang rutin menggelar gowes bareng menjajal lintasan medan offroads yang banyak di daerah ini.(adv/log)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.