Komputer di SD Negeri 001 Penajam Mangkrak

AH Ari B

 

 

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 20 unit komputer di SD Negeri 001 Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sampai saat ini mangkrak tidak difungsikan karena terkendala seringnya terjadi pemadaman listrik.

“Seringnya terjadi pemadaman listrik sehingga kami belum fungsikan komputer yang ada di sekolah ini,” ungkap Kepala SD Negeri 001 Waru, Laungke, di Penajam, Rabu.

Menurutnya, keberadaan puluhan komputer di sekolah tersebut sudah cukup lama, namun belum pernah digunakan sebagaimana mestinya. Dimana sejak tahun 2013 ketika baru menjabat sebagai kepala sekolah sampai sekarang komputer itu belum difungsikan.

“Sejak saya menjabat sebagai kepala sekola tahun 2013 hingga kini komputer-komputer itu belum difungsikan, sudah lama komputer itu di sekolah ini,” katanya.

Laungke mengaku, komputer bantuan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) itu belum dapat difungsikan karena seringnya terjadi pemadaman listrik. Dimana dalam satu hari pemadaman listrik bisa terjadi tiga sampai empat kali sehingga dikhawatirkan merusak peralatan elektronik tersebut.

Selain seringnya terjadi pemadaman listrik, kata dia, pengoperasian komputer tersebut juga terkendala tenaga teknis. Dengan belum adanya tenaga teknis yang bisa mengoperasikan komputer tersebut, membuat komputer yang ada tidak pernah difungsikan.

“Kami berharap Disdikpora menganggarkan dana untuk mengangkat tenaga honorer atau untuk melatih para tenaga pendidik yang bertanggung jawab dengan bidang tersebut,” jelas Laungke.

Bukan hanya komputer, tambahnya, di ruang laoboratorium bahasa juga peralatannya belum difungsikan karena terkendala tenaga teknis yang belum tersedia. Untuk itu, Disdikpora diminta untuk memperhatikan permasalahan ini agar proyek yang menelan anggaran daerah ratusan juta ini tidak sia-sia. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.