Perpustakaan Penajam Miliki Ribuan Buku

Suherman

 

Ribuan buku tersedia di Perpustakaan Daerah di  Kantor Kompleks Islamic Center Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo)

Ribuan buku tersedia di Perpustakaan Daerah di Kantor Kompleks Islamic Center Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, M Ridwan Efendi mengatakan, perpustakaan daerah setempat memiliki ratusan referensi judul buku dari berbagai penerbit.

“Perpustakaan daerah sebagai sarana membaca dikompleks Islamic Center lantai II sudah dibuka sejak sebulan lalu dan telah memiliki ribuan referensi judul buku dari berbagai penerbit. Total koleksi yang dimiliki ada berkisar 739 judul buku atau 2571 eksemplar,” ungkap Ridwan Efendi, di Penajam, Senin.

Buku yang tersedia di perpustakaan tersebut, kata dia, dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, hibah dari pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Pertamina serta hadiah dari LOPI (Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia).

Selain itu, ada juga Hibah dari SMA Negeri 2 Penajam Paser Utara serta bantuan dari Plt Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Menurut Ridwan Efendi, pelayanan di perpustakaan daerah akan dibuka selama tujuh hari, dengan menarik beberapa staf dari Dinas Pertambangan dan Eenergi (Distamben).

“Kami akan buka selama tujuh hari, sehingga hari Sabtu dan Minggu masyarakat bisa datang ke perpustakaan, untuk pegawainya kami sudah berkoordinasi dengan Distamben untuk menarik beberapa staf dinas bersangkutan,” katanya.

Ridwan Efendi menyatakan, jika usulan pelayanan buka selama tujuh hari serta permintan pegawai disetujui, akan meningkatkan jumlah pengunjung. Dimana sejak dibuka sebulan lalu, sekitar ratusan pelajar dan masyarakat umum mengunjungi perpustakaan daerah tersebut.

Pengunjung perpustakaan daerah, tambahnya, bisa meminjam dan membawa pulang buku yang ada di perpustakaan secara gratis, dengan menjadi anggota perpustakaan. Syarat menjadi anggota dengan meyerahkan foto ukuran 2×3 sebanyak dua lembar, foto kopi KTP atau kartu pelajar, serta diwajibakan mengisi formulir yang di sediakan oleh petugas.

.”Kalau sudah menjadi anggota perpustakaan boleh meminjam buku untuk dibawa pulang. Pendaftaran menjadi anggota perpustakaan ini gratis, tanpa di pungut biaya,” kata Ridwan Efendi. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.