Bupati Penajam Minta Masyarakat Jangan Merusak Pantai

Subur – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar bersih-besih pantai pada kegiatan pesisir berseri 2015 di pantai Corong Tanjung Jumlai (Subur - Humas Stkab Penajam Paser Utara)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar bersih-besih pantai pada kegiatan pesisir berseri 2015 di pantai Corong Tanjung Jumlai (Subur – Humas Stkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar memimta, seluruh masyarakat menjaga dan melindungi pantai dari kerusakan lingkungan yang menyebabkan penurunan potensi pantai tersebut.

“Penajam Paser Utara, memiliki garis pantai dan pesisir yang cukup luas, yaitu sekitar 151,169 kilometer persegi atau sekitar 15.116,9 hektare dan memilki potensi yang besar,” kata Bupati Yusran Aspar, disela-sela puncak kegiatan pesisir berseri (bersih, sehat dan lestari) 2015 yang dilaksanakan di kawasan pantai Corong Tanjung Jumlai, Kamis.

“Sumber daya pesisir itu, merupakan salah satu sumber ekonomi yang memiliki potensi cukup besar, seperti untuk budidaya tambak, rumput laut, karamba serta potensi pariwisata,” jelasnya.

Yusran Aspar menyambut baik dan mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang telah menunjuk Penajam Paser Utara sebagi lokasi kegiatan gerakan pesisir berseri . Kegiatan Pesisir Berseri yang melibatkan masyarakat merupakan bagian dari upaya menciptakan pantai dan pesisir yang bersih, indah dan lestari.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, dapat menggugah masyarakat, untuk melindungi lingkungan serta menjaga sumber daya pesisir pantai sehingga dapat terus memberikan manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan komitmen dan kerja sama semua pihak dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup, termasuk wilayah pesisir di Penajam Paser Utara,” ujar Yusran Aspar.

“Ketua RT, lurah dan kepala desa yang di wilayahnya terdapat pantai agar dapat mengajak seluruh masyarakat untuk menggiatkan kegiatan bersih pantai dan mengawasi kebersihan sekitar pantai di wilayahnya,” tegasnya.

Sedangkan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, tambah Yusran Aspar, dapat terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan disepanjang pesisir pantai.

Ketika membuka kegiatan pesisir berseri (bersih, sehat dan lestari) 2015, Staf ahli Gubernur Kaltim bidang ekonomi pembangunan dan Keuangan, Budi Pranowo menyatakan, seluruh masyarakat kaltim, termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk menyelamatkan pesisir pantai dari kerusakan baik yang ditimbulkan oleh alam maupun dari tangan manusia sendiri.

“Kegiatan ini bukan seremonial belaka, tapi jadikan contoh positif untuk terus menjaga kebersihan lingkungan pantai sehingga pantai bersih, indah dan lestari akan selalu terwujud,” katanya.

Kegiatan kegiatan pesisir berseri (bersih, sehat dan lestari) 2015 tersebut, juga dihadiri Ketua DPRD, Nanang Alie, Wakil Ketua DPRD, Syahruddin M Noor, Dandim 0913, Letkol Czi Adi Suryanto dan Kapolres, AKBP Joudy Mayloor serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.