Penajam Segera Bangun Bendungan Sepaku

Suherman

 

Camat Sepaku Abdul Risman (Suherman - Hello Borneo)

Camat Sepaku Abdul Risman (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan segera membangun bendungan di Kelurahan Semoi, Kecamatan Sepaku , untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di daerah itu.

Camat Sepaku, Risman Abdul, di Penajam, Rabu, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah Penajam Paser Utara, pemerintah daerah setempat akan segera membangun bendungan Sepaku di Kelurahan Semoi.

“Pemerintah daerah akan membangun bendungan di Kelurahan Semoi, dengan adanya bendungan itu nantinya juga akan mempermudah masyarakat di wilayah Sepaku mendapatkan air bersih yang selama ini masyarakat selalu kesulitan mendapatkan air bersih,” jelasnya.

Rencana pembangunan bendungan tersebut, lanjut Risman Abdul, telah mendapat persetujuan Kabag Pertanahan Sekertariat Daerah , Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umun dan Pemukiman dengan tampak bangunan sekitar 16 hektare, askes Jalan 1,5 hektare yang akan menghasilkan genangan air berkisar 220 hekatre.

Anggaran pembebesan lahan sebagai lokasi pembangunan bendungan, kata dia, melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Penajam, Paser Utara, berkisar RP3 miliar. Namun bersaran harga dari pembebasan laham ini di tentukan oleh Tim Apresial yang akan di tunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pemerintah daerah sudah sediakan anggaran pada APBD 2015 sekisar Rp3 miliar untuk melakukan pembebasan lahan sebagai lokasi bendungan itu,” ujar Risman Abdul.

“Pembebasan lahan tidak ada masalah, karena 13 orang pemilik lahan sudah menyetujui lahanya dibebaskan untuk dijadikan lokasi bendungan,” ungkapnya.

Keberadaan bendungan Sepaku tersebut, tambah Risman Abdul, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Penajam Paser Utara terlebih dahulu. Namun tidak menutup kemungkinan debit air yang dihasilkan bendung tersebut bisa menyuplai air untuk daerah di luar Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.