Antisipasi Banjir, Pemkab Paser Gelontorkan Rp500 Juta

MR Saputra

PERBAIKAN. Salah satu bagaian drainase di Jalan Padat Karya yang mengalami sumbatan dan yang akan segera di perbaiki Bina Marga Paser. (MR Saputra - Hello Borneo)

PERBAIKAN. Salah satu bagaian drainase di Jalan Padat Karya yang mengalami sumbatan dan yang akan segera di perbaiki Bina Marga Paser. (MR Saputra – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Meski sampai sejauh ini, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, masih jauh dari ancaman bencana banjir. Namun bukan berarti Pemerintah Daerah (Pemda) Paser berpangku tangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Bina Marga, Pengairan dan Tata Ruang Kabupaten Paser menyiapkan program normalisasi drainase.

Kepala Dinas Binamarga, Pengairan, dan Tata Ruang Kabupaten Paser Bachtiar Effendi yang dijumpai mengatakan, pihaknya mendapatkan anggaran sebesar Rp 500 Juta dari Pemda Paser. Dimana anggaran tersebut akan dimanfaatkan khusus untuk pelaksanaan normalisasi drainase di kawasan perkotaan Tana Paser.

“Kami sudah punya anggaran khusus dari Pemda untuk program normalisasi drainase. Jadi dalam dekat-dekat ini kami akan mulai bergerak,” terang Bachtiar.

Selain itu Bachtiar juga mengutarakan, kalau Kabupaten Paser memang belum pernah mengalami banjir yang terbilang parah. Oleh sebab itu di musim kemarau yang panjang ini, pihaknya manfaatkan untuk melakukan perbaikan sejumlah drainase yang mulai tertutup bahkan rusak berat.

“Kebetulan ini masuk musim kemarau, jadi untuk pelaksanaan normalisasi drainase akan lebih mudah,” tuturnya.

Selain itu Bachtiar juga berharap masyarakat di Paser, usai normalisasi dilaksanakan tak lagi membuang sampah di drainase. Pasalnya kebanyakan penyebab banjir, disebabkan oleh tumpukan sampah.

“Ya, mari sama-sama kita jaga kebersihan. Untuk masyarakat jangan terbiasa membuang sampah di selokan, agar tidak menimbulkan sumbatan dan menyebabkan banjir,” tutupnya. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.