Penuh, Tahanan Narkoba LP Tana Paser Dipindahkan ke Samarinda

MR Saputra

KELEBIHAN. Jumlah warga binaan di Rutan Kelas IIB Tana Paser yang melebihi kapasitas tampungan 160 orang. (MR Saputra - Hello Borneo)

KELEBIHAN. Jumlah warga binaan di Rutan Kelas IIB Tana Paser yang melebihi kapasitas tampungan 160 orang. (MR Saputra – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Jumlah warga binaan yang mencapai 250 orang, membuat kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tana Paser, Kalimantan Timur, kelebihan kapasitas. Kapasitas awalnya berjumlah maksimal hanya 160 orang.  Untuk kasus Narkoba yang setiap tahunnya terus meningkat ikut disatukan dengan kasus lainnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Tana Paser, Husni Thamrin yang dikonfirmasi mengatakan, memang jumlah tahan saat ini sudah melibihi kapasitasnya. Apalagi untuk kasus narkoba yang setiap tahun terus meningkat dan tidak adanya fasilitas yang ikut mendukung proses penyembuhan tahanan narkoba.

“Karena kendala tersebut, berdasarkan arahan dari pengurus provinsi, semua tahanan narkoba akan di pidahkan ke Lapas Narkoba di Samarinda. Tentunya setelah mendapatkan izin dari pengurus provinsi terkait nama yang kami rekomendasikan,” ujarnya.

Lanjut Husni, dalam waktu dekat-dekat ini akan nada  20 tahanan kasus narkoba yang akan dipindahkan ke Samarinda. Upaya tersebut pihaknya lakukan untuk mengurangi jumlah tahanan yang terus meningkat, dan juga untuk kebaikan para tahanan narkoba, agar bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik.

“Memang tidak banyak yang akan kami pidahkan, namun lumayan untuk mengurangi pembengkakkan jumlah tahan. Pasalnya dalam waktu dekat-dekat ini kemungkinan aka ada sekitar 20 lebih lagi penambahan tahanan untuk kasus narkoba,” pungkas Husni.

Dan untuk diketahui Rutan Kelas IIB Tana Paser, merupakan rutan yang menampung tahan dari dua kabupaten di Kaltim yaitu, Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU). Tercatat sampai sejauh ini tahanan dari paser sudah mencapai angka 155 sedangkan dari PPU sudah mencapai 95 orang. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.