Bupati Penajam : Kadin Harus Bisa Baca Peluang

Suherman

 

Bupati Yusran Aspar (kanan) bersama Ketua Kadin Penajam Paser Utara Abdul Wahab

Bupati Yusran Aspar (kanan) bersama Ketua Kadin Penajam Paser Utara Abdul Wahab

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar minta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) setempat harus lebih kreatif untuk membaca dan membuka peluang usaha.

“Sekarang bukan lagi bersandar pada penjualan komoditas sumber daya alam mentah tapi diharapkan lebih ke perekonomian yang berbasis industri hilir atau produk barang jadi dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat,” kata Bupati Yusran Aspar, di Penajam, Jumat.

Berbagai inovasi dan terobosan, lanjut dia, dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara salah satunya pembangunan kawasan industri di wilayah Buluminung membuka peluang usaha mengelola sumber daya alam yang ada.

Namun saat ini, kata Yusran Aspar, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebagian besar daerah di Kaltim sedang mengalami penurunan yang signifikan, termasuk Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pembangunan Kawasan Industri Buluminung (KIB) itu memerlukan keterlibatan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, maupun pihak swasta,” ujarnya.

“Saat ini kita ibarat seekor tikus yang terjebak dalam perangkap, tikus itu tidak dapat keluar tanpa bantuan dari luar, jadi bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi serta pihak swasta itu sebagai penyelamat,” jelas Yusran Aspar.

Selain itu, Kadin Penajam Paser Utara sebagai mitra pemerintah daerah, menurutnya, harus dapat menangkap peluang investasi yang masuk ke kawasan industri di wilayah Buluminung dengan nilai triliunan rupiah.

“Kadin harus bisa baca peluang di kawasan industri itu, karena PT Agra Bareksa, National Sains Techno Park Marine, kereta api Borneo-Rel Ways, yang masuk dengan nilai Investasi triluinan rupiah,” kata Yusran Aspar.

Sementara Ketua Kadin Penajam Paser Utara, Abdul Wahab mengatakan, Kadin sebagai mitra pemerintah akan selalu menjalain koordinasi dan komunikasi sehingga dapat mendukung peingkatan perekonomian di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kadin adalah mitra pemerintah, jadi dalam keterlibatanya Kadin akan terus berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan menuju peningkatan perekonomian masyarakat,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.