BPS : Penajam Belum Miliki Data Sensus Ekonomi

Suherman

 

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, belum memiliki data mengenai sensus ekonomi, kata Kepala Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, Syahruni, karena pada saat itu masih bergabung dengan Kabupaten Paser.

“Data sensus ekonomi itu untuk mendapatkan gambaran perekonomian, untuk itu perlu dilakukan sensus ekonomi sebagai landasan penyusunan program pembangunan nasional maupun regional,” kata Syahruni di Penajam, Rabu.

Sensus ekonomi menurutnya, dilakukan setiap sepuluh tahun sekali, yakni pada 1986, 1996 dan 2006 dan Kabupaten Penajam Paser Utara belum pernah melakukan pendataan sensus ekonomi tersebut, karena pada saat itu masih masuk dalam wilayah Kabupaten Paser.

Sensus ekonomi tambah Syahruni, akan dilaksakan kembali pada 2016. Sensus ekonomi tersebut tepatnya akan dilaksanakan pada 1 sampai 31 Mei 2016, namun persiapan sudah dilakukan pada tahun ini (2015) untuk mendapatkan hasil sensus yang maksimal.

“Kami berharap semua saran responden pada sensus ekonomi nanti dapat memperoleh data sesuai dengan pertanyaannya, sehingga dengan kegiatan itu akan di ketahui kondisi pelaku ekonomi di Penajam Paser Utara,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.