Harga Daging di Penajam Relatif Stabil

AH Ari B

 

Penjual Daging di Pasar Petung Kecamatan Penajam (Elim Sahara - Hello Borneo)

Penjual Daging di Pasar Petung Kecamatan Penajam (Elim Sahara – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Harga daging ayam dan daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, jelang perayaan malam Tahun Baru 2016 masih relatif stabil dan stok yang tersedia juga mencukupi kebutuhan masyarakat setempat.

“Kami prediksi harga daging ayam dan daging sapi bakal naik jelang tahun baru. Tapi sampai saat ini masih normal, bahkan cenderung mengalami penurunan,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli saat dihubungi di Penajam, Kamis.

Harga jual daging sapi di pasaran lanjut Rusli, sampai saat ini masih stabil sekitar Rp130 ribu per kilogram, sedangkan daging ayam kampung yang sebelumnya mencapai Rp70 ribu per ekor, turun menjadi Rp65 ribu per ekor.

Stabilnya harga tersebut menurutnya, dipengaruhi ketersdiaan bahan pokok di wilayah Penajam Paser Utara masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat, walaupun daya beli masyarakat cenderung meningkat sejak satu pekan terakhir.

Dari hasil pantuan kata Rusli harga cabe merah saat ini Rp30 ribu per kilogram atau turun Rp5 ribu yang sebelumnya dijual dengan harga Rp35 ribu per kilogram, namun sebaliknya harga jual cabe biasa naik menjadi Rp40 ribu per kilogram dari sebelumnya yang hanya Rp35 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga bawang merah tambah Rusli, mengalami kenaikan mencapai Rp40 ribu per kilogram, harga jual bawang putih berkisar Rp28 ribu per kilogram. Kondisi ini dipengaruhi masih terjadinya cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang laut tinggi, sehingga menghambat pasokan dari luar daerah. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.