Dushub Penajam Tingkatkan PAD Melalui Retribusi Pelabuhan

Suherman

 

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Komunikasi Informasi Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah dengan memungut retribusi Pelabuhan Benua Taka di Kawasan Industri Buluminung, Kecamatan Penajam.

“Kepala daerah mengharapkan pada tahun ini (2016) adalah tahun inovasi dan percepatan, termasuk target peningkatan PAD melalui pungutan retribusi sisi darat Pelabuhan Benuo Taka,” kata Kepala Dishubbudpar dan Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara, Ady Irawan, di Penajam, Jumat.

“Sehari setelah dilantik menjadi pimpinan Dishubbudpar dan Kominfo, saya langsung menanyakan dan mengontrol terkait pelabuhan itu, karena pelabuhan sisi darat di KIB merupakan salah satu sumber PAD Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelasnya.

Menurunnya dana bagi hasil sektor minyak dan gas bumi lanjut Ady Irawan, membuat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tidak lagi mengandalkan pendapatan dari sumber daya alam. Namun memprioritaskan sumber pendapatan lainnya yang mampu meningkatkan PAD.

“Dishubbudpar dan Kominfo akan prioritaskan sarana dan prasarana sumber-sumber yang dapat tingkatkan PAD Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujarnya pada acara pisah sambut Kepala Dishubbudpar dan Kominfo di kompleks Gedung Pemerintahan, Asisten III .

“seperti pembangun sarana prasarana pariwisata , termasuk pembagunan menara tower oleh bidang Komunikasi dan Informasi,”terang dia.

Sementara mantan Kepala Dishubbudpar dan Kominfo, Andi Dahrul mengatakan, belum bisa berbuat maksimal selama empat bulan menjadi pimpinan di Dishubbudpar dan Kominfo, karena banyak program yang belum sempat dilaksanakan.

“Kepala bidang, kelapa seksi dan staf diharapkan membantu pimpinan yang baru sesuai tugas dan fungsi masing-masing, karena harus selalu bersinergi. Jika ada kesalahpahaman laporkan kepimpinan untuk diambil satu kebijakan,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.