Warga Pondong Baru Kesulitan Air Bersih

Rapal JKN

 

Wilayah Pelabuhan Pondong yang tampak kering. (Rapal JKN - Hello Borneo)

Wilayah Pelabuhan Pondong yang tampak kering. (Rapal JKN – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Kawasan Desa Pondong cukup dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Paser di Tanah grogot, namun tidak menjadi jaminan masyarakatnya bisa memperoleh air bersih. Bahkan kini sebagian masyarakatnya masih merasakan dampak kesulitan air bersih.

Dengan mengandalkan sumur bor yang hanya bisa diharapkan saat musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar Pelabuhan Laut Pondong begitu mendambakan air bersih dari PDAM.

“Selama ini warga rata-rata harus beli, ada juga sebagian yang mengandalkan sumur bor. Namun kalau kemarau panjang datang, sumur bor tak bisa diandalkan warga lagi,” ujar Kepada Desa Pondong Baru, Darwis Abdullah.

Darwis juga membeberkan fakta yang cukup miris. Bagi kalangan warga menengah ke bawah. Di saat ekonomi sedang lesu, tambak gagal panen, ditambah keadaan angin laut yang tidak memungkinkan untuk pergi mencari ikan.

Warga harus memutar otak mencari sumber penghasilan lain untuk menutupi beban membeli air bersih.

“Kalau yang berpenghasilan besar tidak masalah, mereka dapat membeli air kapan saja. Oleh sebab itu untuk tahun ini kami hanya mengharapkan dana ADD,” ungkanya.

Darwis mengharapkan perhatian serius dari pemerintah agar mengatasi permasalahan air bersih di Desa Pondong Baru yang lokasinya hanya membutuhkan waktu 15 menit ke pusat pemerintahan. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.