Wabup Penajam Instruksikan SKPD Berhemat

AH Ari B

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Elim Sahara - Hello Borneo)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Elim Sahara – Hello Borneo)

Penajam, halloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah setempat, melakukan penghematan belanja daerah karena terbatasnya anggaran akibat penurunan dana bagi hasil minyak dan gas bumi dari pemerintah pusat.

“Keuangan daerah menurun karena dana bagi hasil minyak dan gas bumi (migas) dari pemerintah pusat turun, jadi saya inbstruksikan seluruh SKPD untuk berhemat,” kata Mustaqim, saat dihubungi di Penajam, Rabu.

Penurunan dana bagi hasil dari pemerintah pusat tersebut menurutnya, memaksa Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, merapkan upya penghematan belanja daerah pada APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) 2016.

Penghematan yang dimaksud tersebut lanjut Mustaqim, menunda setiap kegiatan dan program di setiap SKPD yang bersifat seremonial atau kegiatan yang tidak produktif, seperti perjalanan dinas, pengadaan seragam kegiatan dan kegiatan lainnya yang dinilai tidak terlalu penting.

“Penurunan pendapatan dana bagi hasil sektor migas itu sangat berpengaruh terhadap keuangan daerah,” ungkapnya.

Mustaqim juga meminta, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPLAD) untuk mencermati setiap kegiatan dan program di masing-masing SKPDyang sifatnya bukan skala prioritas untuk upaya penghematan angaran.

Ia menegaskan seluruh SKPD harus melakukan penghematan anggaran pada tahun ini (2016), karena selain dana perimbangan dari pemerintah pusat menurun, kemungkinan dana bantuan dari pemerintah provinsi juga mengalami penurunan akibat turunnya harga minyak nasional. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.