Sukseskan Pilkada Gubernur, Batamad Kalteng Gelar Apel Siaga

Eef JKN

 

Batamad Kalteng dukung Wibawa di Pilkada Gubernur Kalteng. (Eef JKN - Hello Borneo)

Batamad Kalteng dukung Wibawa di Pilkada Gubernur Kalteng. (Eef JKN – Hello Borneo)

Palangka Raya, helloborneo.com — Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Apel Siaga dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada tanggal 27 Januari 2016 mendatang.

Dalam kegiatan tampak hadir Mantan Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Agustin Teras Narang, Ketua DPD PDI-P R. Atu Narang, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Sabran Ahmad, Ketua Batamad Provinsi Kaltara Joni La’ing, Anggota DPR RI Asdi Narang, Aris Narang dan sekitar 500 orang Perwakilan Anggota Batamad se-Kalteng.

Dalam sambutannya, Ketua Batamad Provinsi Kalteng, Lohing Simon membacakan 5 poin pernyataan sikap Batamad dalam menyukseskan Pilkada Kalteng. Pertama, Batamad Kalteng akan membantu aparat penegak hukum dan penyelenggara Pilkada guna menyukseskan Pilkada 27 Januari 2016. Kedua, Batamad bertekad agar penyelenggaraan Pilkada terhindar dari tindakan pihak yang tidak bertanggungjawab yang berniat mengganggu keamanan, ketertiban dan mencederai demokrasi.

Ketiga Batamad membantu menjaga pelaksanaan Pilkada dari upaya-upaya tertentu yang mencederai demokrasi seperti mempertentangkan SARA, kekerasan, intimidasi, politik uang, dan tindakan kriminal. Keempat Batamad mendorong dan mengajak masyarakat kalteng untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihannya.

Terakhir, Kelima Batamad membantu pemerintah dan penegak hukum dalam menjaga dan memelihara kehidupan masyarakat dalam suasana kondusif dan kesejukan, serta selalu memelihara kerukunan, keamanan, toleransi dalam Falsafah Belom Bahadat dan Huma Betang.

“Yang hadir Sekitar 500 anggota Batamad dari  perwakilan kabupaten/Kota se-Kalteng. Dan nanti akan membantu aparat Kepolisian dan TNI dalam menjaga keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan pilkada 27 Januari 2016 nanti,” ujar Simon usai mengikuti kegiatan Apel Siaga Batamad Menjelang Pilkada Kalteng.

Dia menjelaskan, hampir di beberapa daerah sudah kita siapkan anggota Batamad guna membatu aparat keamanan demi kelancaran pelaksanaan Pilkada nanti. Khusus untuk Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat akan ditempati anggota Batamad di setiap TPS.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian sebelumnya,” kata Simon kembali menjelaskan.

Sementara Mantan Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Agustin Teras Narang menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota Batamad se-Kalteng dalam membantu aparat kepolisian dalam mengamankan Pilkada Kalteng.

“Batamad melakukan pengamanan dalam artian jika terjadinya politik uang, tindakan melawan hukum dan tindakan-tindakan kekerasan dalam pelaksanaan Pilkada. Saya juga meminta agar oknum berhenti melakukan kekerasan, karena pasti nanti akan berhadapan dengan hukum,” tutup Teras Narang. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.