ODHA Bertambah Lagi di Penajam

AH Ari B

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ammas Alie (Dika - Hello Borneo)

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ammas Alie (Dika – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bertambah menjadi 38 orang dengan ditemukannya dua warga positif terinfeksi virus yang menggerogoti kekebalan tubuh manusia tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ammas Alie saat dihubungi di Penajam, Kamis mengatakan, penyebaran HIV/AIDS di wilayah Penajam Paser Utara semakin memprihatinkan, dengan adanya temuan dua warga yang terinfeksi HIV sepanjang Januari 2016.

“Salah satu dari dua warga yang ditemukan terinfeksi HIV itu, seorang wanita yang terdeteksi di wilayah Puskesmas Penajam,” jelasnya.

“Wilayah Puskesmas Penajam dan Petung, menjadi daerah terbanyak ditemukan pasien HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ungkap Ammas Alie.

Penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, semakin mencemaskan. Dimana sampai saat ini tercatat 38 orang positif terinfeksi HIV yang ditangani Dinas Kesehatan, jumlah tersebut belum termasuk ODHA yang sudah meninggal dan pindah keluar Penajam Paser Utara.

Dari ke-38 ODHA tersebut menurut Ammas Alie, 20 orang di antaranya perempuan dan 18 orang lainnya laki-laki, dan penyebaran HIV/AIDS tertinggi di Kabupaten Penajam Paser Utara, diakibatkan dari perilaku seks bebas.

Untuk menanggulangi HIV/AIDS tambahnya, Dinkes Kabupaten Penajam Paser Utara, berencana menggiatkan sosialisasi dan penyuluhan terkait penyebaran dan bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat, terutama yang berada di wilayah pelosok dan perusahaan. (bp/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.