Ribuan Warga Penajam Belum Aktivasi e-KTP

AH Ari B

 

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Ribuan warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, belum melakukan aktivasi atau registrasi kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP, karena diduga pembuatan e-KTP tersebut melalui jasa perantara atau calo.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto saat dihubungi di Penajam, Sabtu mengungkapkan, banyaknya e-KTP yang telah diterbitkan tersebut diketahui belum diaktivasi, setelah petugas kependudukan melakukan pengecekan di ADB (administrasi data bese).

“Ribuan e-KTP yang belum diaktivasi itu diduga kepengurusan pembuatan e-KTP melalui calo atau perantara,” katanya.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, mendata ribuan e-KTP yang telah diterbitkan, namun belum diregistrasi atau diaktivasi tersebut menurut Suyanto, milik warga yang tersebar di empat kecamatan.

“Hampir di seluruh kecamatan masih terdapat warga yang belum melakukan aktivasi e-KTP, terutama di Kecamatan Penajam,” ujarnya.

Suyanto mengimbau, warga yang telah menerima e-KTP dan belum diaktivasi segera melakukan registrasi atau aktivasi e-KTP di Kantor Disdukcapil, karena aktivasi atau registrasi e-KTP secara online tidak bisa diwakilkan lantaran menggunakan sidik jari pemilik e-KTP bersangkutan.

Registrasi atau aktivasi e-KTP tambahnya, sangat penting dilakukan untuk membuka data kependudukan sekaligus untuk memverifikasi ulang identitas warga pemilik kartu tanda penduduk elektornik tersebut.

“e-KTP yang belum diaktivasi tidak akan bisa digunakan oleh pemilik untuk memproses kepengurusan administrasi,” kata Suyanto. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.