Tambah Stok Darah, PMI Paser Incar Perusahaan

MR Saputra

 

Donor darah yang masyarakat Kabupaten Paser. (MR Saputra - Hello Borneo)

Donor darah yang masyarakat Kabupaten Paser. (MR Saputra – Hello Borneo)

Tana Paser, Helloborneo.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tanah Grogot incar perusahaan untuk meningkatkan stok darah yang mulai menipis. Tidak hanya Balikpapan yang kekurangan stok darah, hampir sepekan ini stok darah di PMI Paser, Kalimantan Timur, juga menipis. Bahkan ada stok golongan darah yang kosong di ruang penympanan darah PMI Paser.

Hal tersebut dibenarkan Kepala PMI Paser, Dr Nurdiana melalui Staf PMI Paser, Dhana Wiratma. “Stok kami di PMI sudah menipis, sedangkan kebutuhan atau permintaan darah itu banyak akhir-akhir ini. Bahkan golongan darah B stoknya sempat kosong di PMI,” ucap Dhana.

Disampaikan Dhana, kegiatan PMI Paser sejauh ini hanya menunggu kegiatan-kegiatan sosial yang dibuat instansi atau perusahaan. Tetapi sasaran PMI lebih ke Perusahaan, karena perusahaan memiliki banyak karyawan, dan dalam sehari akan mendapatkan banyak stok darah.

“Perusahaan yang paling sering membantu, perusahaan tambang yang banyak karyawannya pasti banyak juga pendonornya. Tetapi kadang ada juga pendonor yang tidak diperbolehkan mendonor karena kondisi tubuhnya yang kurang fit,” lanjut Dhana.

Selanjutnya, darah yang diperoleh dari para pendonor akan di ambil sampelnya dan di uji laboratorium. Darah yang di donorkan harus lolos empat pemeriksaan, yaitu VDRL ( Venereal Disease Research Laboratories), HBsAg (Hepatitis B surface Antigen), Anti HCV (Hepatitis C Virus) & Anti HIV (Human Immunodeficiency Virus).

“Jadi darah itu harus lolos empat pemeriksaan, HIV, Hepatitis, Malaria dan Sifilis. Keempat itu merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui transfusi darah. Jadi kalau ada darah yang positif terkena salah satu dari empat itu, darah akan kami musnahkan,” jelas Dhana.

Selain dapat membantu stok darah di PMI dan dapat menolong orang yang membutuhkan darah, donor darah juga memiliki manfaat bagi tubuh pendonor. Dengan mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah baru. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.